Sambut Perayaan World Refill Day, L'Oreal Indonesia Hadirkan Kampanye 'Join The Refill Movement'

Sierra Ayuningtyas Muktisari | Beautynesia
Senin, 16 Jun 2025 18:00 WIB
Sambut Perayaan World Refill Day, L'Oreal Indonesia Hadirkan Kampanye 'Join The Refill Movement'
L’Oreal Indonesia menghadirkan kampanye Join The Refill Movement/ Foto: Dok. L’Oreal Indonesia

L'Oréal Groupe sebagai pemimpin industri kecantikan global yang telah hadir di Indonesia selama lebih dari 45 tahun, kembali menegaskan komitmennya dalam menciptakan kecantikan yang menginspirasi sekaligus memberikan dampak positif untuk masyarakat serta lingkungan.

Menyambut perayaan World Refill Day yang jatuh setiap 16 Juni, L'Oréal melalui inisiatif keberlanjutan jangka panjang yakni L'Oréal for the Future, memperkenalkan kampanye 'Join The Refill Movement'.

L’Oréal For the FutureL’Oréal For the Future/ Foto: Sierra/Beautynesia

Kampanye ini merupakan sebuah gerakan kolektif untuk menjadikan kemasan refill sebagai bagian dari gaya hidup kecantikan yang lebih berkelanjutan, Beauties.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa 86% konsumen gen-z menunjukkan ketertarikan pada produk sustainable. Selain itu, 90% konsumen usia 18-24 bahkan bersedia membayar lebih untuk produk refillable dan berkelanjutan.

Tren kecantikan berkelanjutan ini sejalan dengan L'Oreal For The Future, komitmen berkelanjutan L'Oreal Groupe untuk 2030. Selain fokus pada isu krisis iklim, upaya pelestarian alam dan pemberdayaan komunitas, L'Oreal juga juga fokus pada pilar Drive Circularity yaitu mendorong inovasi dan transformasi kemasan yang sirkular.

Selama lebih dari 25 tahun, L'Oréal telah menunjukkan komitmen kuat terhadap keberlanjutan, Beauties. Momentum World Refill Day ini menjadi momen yang penting untuk memperkuat kesadaran, menginspirasi perubahan perilaku, dan menunjukkan bahwa setiap tindakan kecil, termasuk mengisi ulang kemasan, dapat memberikan kontribusi nyata terhadap lingkungan.

Hal tersebut juga yang mendorong L'Oréal meluncurkan Join The Refill Movement sebagai salah satu langkah kolektif menuju masa depan kecantikan yang lebih berkelanjutan.

Inovasi Refill-at-home L'Oreal: Luxury Beauty dan Sustainability yang Berjalan Beriringan

Rangkaian produk refill-at-home L’OrealRangkaian produk refill-at-home L’Oreal/ Foto: Sierra/Beautynesia

Sebagai bagian dari komitmen dan pilar Drive Circularity, L'Oréal Indonesia telah menjadi salah satu pemimpin dalam menghadirkan portfolio produk refill-at-home dari berbagai merek unggulannya, lho.

Rangkaian produk refill-at-home L’OrealRangkaian produk refill-at-home L’Oreal/ Foto: Sierra/Beautynesia

Mulai dari Professional Products seperti Kérastase yang menghadirkan hair oil dalam botol isi ulang premium, hingga dari L'Oréal Luxe yang menawarkan rangkaian produk isi ulang luxury di semua lini seperti skincare, haircare, makeup, dan fragrance.

Berikut ini beberapa contoh rangkaian produk refill-at-home L'Oreal:

  • Refill Kiehl's Ultra Facial Cream dapat mengurangi 61% penggunaan plastik.
  • Refill Lancôme Absolue mampu mengurangi penggunaan 32% plastik.
  • Refill La Roche-Posay Effaclar Foaming Gel dapat mengurangi 73% penggunaan plastik.
  • Refill Kérastase Elixir Ultime Hair Oil terbuat dari 100% plastik daur ulang, 30% kaca daur ulang, dan dalam setahun dapat mengurangi penggunaan 148 ton kaca atau setara dengan ¾ tinggi piramida Louvre Museum di Paris.
  • Refill shampoo Kérastase dapat mengurangi 82% penggunaan plastik.
  • Refill cushion Yves Saint Laurent Beauty Touche Eclat Glow-Pact Cushion tawarkan kemudahan bagi konsumen dalam proses mengisi ulang hanya dengan dua langkah mudah.
  • Refill parfum Yves Saint Laurent Libre mengurangi 58% penggunaan kaca, 59% plastik dan 42% kertas.
  • Refill parfum Lancôme Idole dapat mengurangi 42% penggunaan kaca, 11% plastik, dan 66% metal.
  • Refill parfum Giorgio Armani Acqua di Gio mampu mengurangi 42% penggunaan kaca, 16% plastik, 75% metal, dan 37 kertas.

Venesia Rizani, Business Unit General Manager YSL Beauty & Armani Beauty di Indonesia menjelaskan, "Dengan produk refill-at-home dari L'Oreal, konsumen tidak mengorbankan sisi luxury tetapi justru meningkatkan pengalaman luxury. Kami ingin mempertahankan ciri khas luxury beauty yaitu estetika dan keanggunan dari kemasan, sambil tetap membawa nilai keberlanjutan dan kualitas ingredients. Karena itu, kami mempercepat inovasi refill di lini produk-produk unggulan kami, dengan fokus pada kemasan yang tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga praktis, efisien, dan tetap elegan. Menariknya konsumen kami merasa lebih berdaya karena ikut berperan dalam membuat pilihan yang berkelanjutan."

Refill-at-home: Solusi Tepat untuk Konsumen yang Bijak

Tidak hanya memberikan dampak lingkungan, inovasi refill-at-home dari L'Oréal juga memberi keuntungan nyata bagi konsumen.

Kemasan isi ulang umumnya lebih ekonomis dibandingkan kemasan full-size baru, sekaligus lebih praktis dan higienis karena dapat digunakan kembali di rumah. Selain itu, desain kemasan refill tetap mempertahankan estetika premium, menjadikannya bagian dari gaya hidup cerdas, modern, dan peduli lingkungan.

Komitmen keberlanjutan L'Oréal tidak berhenti pada produk saja, Beauties. L'Oréal juga aktif mendorong ekosistem bisnisnya untuk lebih memperhatikan aspek sustainability.

Mulai dari menghadirkan berbagai pop up stores yang fokus kepada produk ramah lingkungan, memberikan insentif bagi Beauty Advisor (tenaga kecantikan terlatih) dan konsumen yang melakukan pembelian refill, hingga menciptakan trend luxury sustainable beauty melalui konten digital.

Dengan menjadikan refill sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari, tetapi juga berkontribusi membentuk budaya baru dalam keberlangsungan gaya hidup kecantikan yang berkelanjutan.

Melalui Join The Refill Movement,  L'Oréal  Indonesia tidak hanya memperkenalkan rangkaian inovasi refill-at-home tetapi juga mengajak berbagai pihak untuk menjadi bagian dari perubahan.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beauties? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(sim/sim)
CERITA YUK!
Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Tonton video di bawah ini ya, Beauties!

BE STORIES