Rayakan Hari Kartini, TikTok, Tokopedia, dan TikTok Shop Dukung Pemberdayaan Perempuan Lewat Dunia Digital

Dyah Arum Narwastu | Beautynesia
Senin, 21 Apr 2025 19:11 WIB
Rayakan Hari Kartini, TikTok, Tokopedia, dan TikTok Shop Dukung Pemberdayaan Perempuan Lewat Dunia Digital
Entrepreneur/ Foto: freepik.com/jcomp

Dalam rangka menyambut Hari Kartini yang diperingati tiap 21 April, TikTok dan Tokopedia melalui TikTok Shop by Tokopedia menegaskan komitmen mereka untuk terus mendukung perempuan Indonesia agar bisa berkembang dan berdaya di era digital.

Rizky Juanita Azuz, selaku Communications Senior Lead Tokopedia dan TikTok E-commerce, mengatakan bahwa perempuan punya peran besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital.

"Lewat Tokopedia dan TikTok Shop, kami membuka peluang luas bisnis online bagi pelaku usaha perempuan untuk menjangkau lebih banyak pembeli di seluruh Indonesia dan bertumbuh bersama kami," ujar Rizky.

Rayakan Hari Kartini, TikTok, Tokopedia, dan TikTok Shop Dukung Pemberdayaan Perempuan Lewat Dunia DigitalRayakan Hari Kartini, TikTok, Tokopedia, dan TikTok Shop Dukung Pemberdayaan Perempuan Lewat Dunia Digital

Salah satu bentuk nyatanya adalah kerja sama TikTok Shop by Tokopedia dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif lewat program Creators Lab x Emak Emak Matic (Emak-Emak Melek Teknologi). Program ini melatih ratusan perempuan, khususnya yang berada di usia produktif, agar bisa menjadi kreator konten afiliasi dan mendapatkan penghasilan dari mempromosikan produk-produk UMKM lokal.

Rizky juga menyampaikan bahwa Tokopedia dan TikTok Shop rutin memberi panggung untuk UMKM perempuan agar bisa menunjukkan karyanya secara digital. Contohnya adalah usaha makanan Bolosego dan brand kecantikan Animate-keduanya didirikan oleh perempuan dan kini turut memberdayakan perempuan lain.

Cerita Perempuan Hebat di Balik Usaha Bolosego dan Animate

Bolosego, usaha oseng mercon dari Sleman, Yogyakarta, didirikan oleh Dyah Laily Fardisa di tahun 2020 setelah terkena PHK akibat pandemi. Dyah awalnya membantu seorang ibu penjual oseng mercon dan menggandeng ibu-ibu warung lain yang juga terdampak pandemi.

Rayakan Hari Kartini, TikTok, Tokopedia, dan TikTok Shop Dukung Pemberdayaan Perempuan Lewat Dunia DigitalPelaku Usaha Bolosego - Dyah Laily Fardisa

Awalnya cuma delapan ibu-ibu yang membantu. Sekarang, Bolosego punya 150 karyawan, dan setengahnya adalah perempuan yang berjasa menjaga cita rasa Bolosego. Dyah menyebutkan, bahwa 70% dari pendapatan online Bolosego berasal dari Tokopedia dan TikTok Shop.

Rayakan Hari Kartini, TikTok, Tokopedia, dan TikTok Shop Dukung Pemberdayaan Perempuan Lewat Dunia DigitalPelaku Usaha Animate - Yunna Mercier

Sementara itu, Animate adalah brand skincare lokal yang dirintis Yunna Mercier pada 2021 karena ia kesulitan menemukan produk yang cocok untuk kulitnya. Sejak awal, Animate dipasarkan secara digital lewat Tokopedia dan TikTok Shop. Dengan bantuan fitur Live Shopping dan Ads, penjualan Animate meningkat tajam. Sekarang, Animate punya 800 karyawan, dan 70% dari mereka adalah perempuan.

TikTok: Rumah #PerempuanHebat untuk Berbagi dan Menginspirasi

TikTok kini jadi tempat yang inklusif untuk perempuan saling terhubung, berbagi inspirasi, dan menyebarkan semangat positif. Lewat tagar #PerempuanHebat, banyak perempuan membagikan pengetahuan, opini, serta mengekspresikan bakat mereka dalam bentuk konten yang kreatif.

Rayakan Hari Kartini, TikTok, Tokopedia, dan TikTok Shop Dukung Pemberdayaan Perempuan Lewat Dunia DigitalKreator TikTok - Suci Ambar Wati

Salah satunya adalah Suci Ambar Wati (@suciambarwati25), yang membuat konten seputar sejarah dan budaya di TikTok. "Saya ingin mengedukasi masyarakat tentang kekayaan sejarah bangsa sekaligus menginspirasi perempuan untuk ikut berbagi ilmu yang mereka miliki kepada sesama. ," ujar Suci. Baginya, TikTok adalah ruang untuk meneruskan semangat Kartini-memberi perempuan kesempatan untuk belajar, berbagi, dan tumbuh bersama.

Discovery E-commerce: Peluang Baru Bagi Perempuan

Dengan kekuatan komunitas dan konten yang otentik, TikTok dan Tokopedia menghadirkan tren baru dalam dunia belanja online, yaitu discovery e-commerce. Konsep ini memungkinkan siapa pun, termasuk perempuan, untuk lebih mudah menemukan produk, terhubung dengan kreator, dan bahkan menjadi kreator itu sendiri.

Rayakan Hari Kartini, TikTok, Tokopedia, dan TikTok Shop Dukung Pemberdayaan Perempuan Lewat Dunia DigitalKreator Affiliate TikTok - Amelia Hasanah

Salah satu contoh suksesnya adalah Amelia Hasanah (@amel_queens), ibu rumah tangga yang kini jadi kreator afiliasi di bidang fashion muslim. Lewat konten mix and match outfit yang ia bagikan di TikTok, Amelia bisa meraih penghasilan tambahan yang cukup untuk menghidupi keluarga dan menabung untuk pendidikan anaknya.

Saya bersyukur karena ternyata passion bisa menjadi sumber penghasilan tanpa harus meninggalkan peran utama saya sebagai ibu rumah tangga," ujar Amelia.

Perempuan dan Tren Belanja Online

Data dari Tokopedia dan TikTok Shop menunjukkan bahwa perempuan makin aktif dalam dunia belanja digital. Di Tokopedia, daerah seperti Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Gorontalo mencatat partisipasi tinggi dari pembeli perempuan selama kuartal pertama 2025.

Kategori produk yang paling diminati pun mencerminkan kebutuhan perempuan, seperti fashion perempuan, ibu & bayi, kecantikan, fashion muslim, hingga fashion anak dan bayi.

Sementara itu, TikTok Shop juga mencatat lonjakan jumlah pembeli perempuan, terutama di daerah seperti Maluku Utara, Sulawesi Barat, Aceh, Lampung, dan Bali. Rata-rata, peningkatannya lebih dari 1,5 kali lipat!

Melihat tren ini, kampanye Beli Lokal tetap jadi fokus utama Tokopedia dan TikTok Shop. Kampanye ini mendukung produk lokal, termasuk yang dikelola oleh perempuan Indonesia, agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

(arm2/arm2)
CERITA YUK!
Tonton video di bawah ini ya, Beauties!
Komentar
0 KomentarTULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

BE STORIES