6 Cara Mudah Menjaga Konsentrasi saat Bekerja Agar Kamu Jauh Lebih Produktif
Regitha Mandasari Putri Suryana | Beautynesia
Senin, 23 Jun 2025 08:00 WIB

Cara menjaga konsentrasi saat bekerja/ Foto : Freepik/Benzoix
Pernah merasa sibuk seharian tapi hasil kerja tidak seberapa? Bisa jadi masalahnya bukan pada banyaknya tugas, tapi kurangnya konsentrasi.
Di era digital yang penuh distraksi, mulai dari notifikasi ponsel, media sosial, hingga rasa bosan yang tiba-tiba datang, kemampuan untuk tetap fokus menjadi keterampilan penting yang harus dilatih. Berikut beberapa cara yang dapat membantumu bekerja lebih fokus, efisien, dan puas dengan hasil yang dicapai. Simak!
1. Mulai Hari dengan Membuat Rencana Kerja
Mulai hari dengan membuat rencana kerja/ Foto : Freepik/ Freepik
Salah satu cara paling efektif untuk memulai hari dengan produktif adalah dengan membuat rencana kerja. Luangkan waktu 5–10 menit di pagi hari untuk menyusun daftar tugas (to-do list). Prioritaskan pekerjaan yang paling penting atau paling berat di awal hari, karena biasanya pada pagi hari energi dan kemampuan fokus kita sedang dalam kondisi terbaik.
Gunakan metode seperti Eisenhower Matrix (membagi tugas menjadi penting, tidak penting, mendesak, dan tidak mendesak) atau metode 1-3-5 (1 tugas besar, 3 tugas menengah, 5 tugas kecil) agar kamu tidak kewalahan melihat banyaknya daftar kerja. Ketika kamu punya arah yang jelas, kamu cenderung lebih fokus dan tidak terdistraksi oleh hal-hal yang tidak mendesak.
2. Lakukan Deep Work Secara Teratur
Lakukan deep work secara teratur/ Foto : Freepik/ BusyTimeWork
Deep work adalah sesi kerja tanpa gangguan dengan konsentrasi penuh. Pekerjaan seperti menulis laporan penting, membuat strategi bisnis, atau menyusun presentasi lebih cocok dilakukan dalam mode ini.
Caranya, matikan semua notifikasi, tutup semua tab yang tidak berkaitan, dan kerjakan satu tugas selama 60–90 menit. Deep work melatih otak untuk masuk ke kondisi fokus mendalam (flow state), dan hasil kerjanya seringkali lebih berkualitas dalam waktu yang lebih singkat.
3. Two-Minute Rule
Two-Minute rule/ Foto : Freepik/ Freepik
Gunakan Teknik “Two-Minute Rule” untuk Hal Kecil Teknik ini sangat cocok untuk menangani gangguan kecil tanpa merusak alur kerja.
Misalnya, kamu melihat email masuk yang hanya perlu 1 menit untuk dibalas, langsung lakukan agar tidak menumpuk. Tapi jika butuh waktu lebih lama, tulis dulu di daftar tugas dan lanjutkan fokus utama. Teknik ini menjaga kamu tetap produktif tanpa teralihkan terlalu jauh dari pekerjaan utama.
4. Terapkan Teknik Pomodoro
Terapkan teknik pomodoro/ Foto : Freepik/ Freepik
Teknik Pomodoro menjadi salah satu metode manajemen waktu yang banyak digunakan untuk meningkatkan konsentrasi. Prinsipnya adalah membagi waktu kerja menjadi interval pendek (biasanya 25 menit), diikuti oleh istirahat singkat (5 menit). Setelah empat sesi, kamu bisa mengambil istirahat yang lebih panjang (15–30 menit).
Teknik ini membantu otak tetap segar dan fokus tanpa merasa kelelahan. Banyak orang merasa bahwa tekanan waktu 25 menit membuat mereka bekerja lebih cepat dan lebih efisien. Untuk memaksimalkannya, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Focus To-Do, Pomofocus, atau sekadar menggunakan timer di ponselmu.
5. Kurangi Multitasking, Fokus Satu Hal Sekaligus
Kurangi multitasking, fokus satu hal sekaligus/ Foto : Freepik/ Busytimework
Banyak orang menganggap multitasking adalah cara untuk lebih produktif, padahal kenyataannya justru sebaliknya. Otak manusia tidak dirancang untuk melakukan dua hal kompleks sekaligus. Alih-alih menyelesaikan lebih banyak, multitasking malah membuat kita sering melakukan kesalahan dan butuh waktu lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaan.
Cobalah fokus pada satu tugas dalam satu waktu. Setelah selesai, baru pindah ke tugas berikutnya. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih puas karena bisa menyelesaikan sesuatu dengan tuntas dan berkualitas.
6. Tetapkan Batas Waktu untuk Setiap Tugas
Tetapkan batas waktu untuk setiap tugas/ Foto : Freepik/ Freepik
Jika kamu sering kehilangan fokus di tengah tugas, coba tetapkan batas waktu untuk menyelesaikannya. Misalnya, "Saya akan menyelesaikan laporan ini dalam 45 menit." Batas waktu ini menciptakan tekanan positif yang membuat otak lebih siaga dan terdorong untuk menyelesaikan tugas dalam waktu yang telah ditentukan.
Kamu juga bisa menggunakan teknik "time blocking", mengalokasikan waktu tertentu dalam sehari hanya untuk satu jenis pekerjaan tertentu. Ini membantu kamu tidak tergoda melakukan hal lain di luar jadwal yang telah kamu tetapkan.
Beauties, itu dia cara mudah menjaga konsentrasi saat bekerja. Jangan lupa dilakukan agar pekerjaan cepat selesai ya!
____
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!
(ria/ria)