1. Sayuran

Masyarakat Korea sadar akan pentingnya kesehatan tubuh. Bahkan hampir sebagian besar lahan Korea ditanami sayuran organik. Sayuran ini biasanya tidak menggunakan pestisida yang mengandung bahan kimia sebagai perawatannya. Sehingga sayuran organik sangat baik untuk kesehatan terutama kulit. Sayuran kerap menjadi pilihan serta makanan yang kaya akan vitamin. Bahkan ketika mengonsumsi daging mereka tetap mengombinasikannya dengan sayuran seperti pada hidangan bibimbap, sejenis nasi campur yang terdiri dari berbagai macam sayuran, daging sapi, telur dan gochujang (pasta cabai).
 

1. Sayuran
source: http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/78096-5-kebiasaan-sederhana-wanita-korea-yang-bikin-awet-muda-2.html


 

Salah satu makanan Korea yang terkenal dan mengandalkan sayuran yaitu Kimchi. Bahannya terdiri dari lobak ataupun sawi yang kemudian diolah dengan cabai dan berbagai bumbu lain lalu difermentasi. Tak hanya dari fermentasi yang baik untuk tubuh, melihat bahan yang terkandung di dalamnya kimchi mengandung serat, vitamin A dan C. Nutrisi tersebut tentunya sangat baik untuk kesehatan sekaligus kecantikan kulit. 
 

1. Sayuran
source: http://www.surakoreancuisine.com/koreas-greatest-food-kimchi/


 

baca juga

2. Cabai dan Gingseng

Cita rasa sebuah makanan memang terletak pada bumbu yang digunakan. Makanan Korea sering menggunakan bumbu seperti cabai dan ginseng. Bahkan, kedua bahan ini sepertinya tidak bisa dipisahkan dari makanan Korea. Biasanya mereka akan menyajikan pasta cabai atau gochujang pada sebuah piring kecil untuk dihidangkan bersama makanan utama. 
 

2. Cabai dan Gingseng
source: https://carapedia.com/mencicipi_kuliner_lama_kota_seoul_korea_selatan_info5818.html


Cabai sebenarnya dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu membakar lemak. Kombinasi yang bagus karena dilengkapi dengan gingseng yang dapat mebantu menurunkan berat badan. Tak hanya itu saja, kandungan nutrisi dan vitamin C yang terdapat pada ginseng juga baik untuk kecantikan kulit. 
 

3. Daging Rendah Lemak

Daripada jenis daging, wanita Korea lebih sering mengonsumsi jenis makanan laut seperti seafood. Bila mengonsumsi daging, mereka biasanya menyantapnya hanya dalam porsi yang kecil dan saat perayaan hari besar saja. Namun, mereka tetap mengonsumsi daging bersamaan dengan sayuran segar. Untuk makanan laut sendiri yang kerap menjadi pilihan yaitu ikan rendah lemak dan jenis kerang yang mengandung omega 3. Selain dikonsumsi sendiri, kerang juga kerap digunakan sebagai campuran makanan Korea seperti sundubu jigae. Sundubu jigae merupakan sup tahu dengan berbagai campuran seperti kerang, jamur, jeotgal (makanan fermentasi Korea yang terbuat dari berbagai jenis ikan, kerang dan udang).

 

3. Daging Rendah Lemak
source: http://crazykoreancooking.com/recipe/soondubu


 

baca juga

4. Raw Food

Raw food atau makan mentah kerap menjadi pilihan bagi masyarakat Korea. Mereka sangat jarang mengonsumsi makanan yang dimasak dengan cara digoreng. Hal ini juga terlihat makanan khas Korea yang lebih banyak memasak dengan cara menumis, mengukus, merebus ataupun dengan cara pengasapan. Makanan yang digoreng tentunya memiliki kalori dan lemak yang tinggi. 

 

4. Raw Food
source: http://english.visitkorea.or.kr/enu/ATR/SI_EN_3_6.jsp?cid=1925331

Untuk sayuran, raw food memang cocok dijadikan pilihan karena proses pengolahan yang terlalu lama justru membuat kandungan gizinya hilang. Namun untuk jenis daging dan seafood, sebaiknya diolah dengan cara yang tepat. Di Korea sendiri makanan khas seperti gurita lebih banyak dikonsumsi secara mentah. Namun ternyata hal ini dianggap berbahaya karena tentakel pada gurita dapat membuat teggorokan tersedak. 

 

Itulah beberapa makanan yang menjadi rahasia kecantikan kulit wanita Korea. Mendapatkan kulit cantik dan sehat tak hanya berasal dari produk perawatan kulit tapi juga dari konsumsi seperti sayuran yang juga kerap diandalkan di Korea.