Bagi yang kurang menyukai make-up barangkali berpikir bahwa hal tersebut merupakan kebutuhan sekunder. Tetapi, tetap saja wanita membutuhkan  polesan make-up agar wajah terlihat lebih merona. Jika kamu seorang pemula, mulailah dengan produk yang ringan dan gampang untuk digunakan sebagai berikut.

Sun Cream

Sebelum memoles wajah dengan warna, hal pertama yang harus dilakukan adalah memakai sun cream. Penggunaan sun cream sangat penting sebelum menggunakan make up, karena dapat menghindari efek buruk sinar matahari. Sehingga kulit tetap terlindungi meskipun melakukan aktivitas seharian di luar ruangan, Pilihlah sun screen dengan kandungan SPF yang tinggi agar kulit benar-benar terlindungi.

Sun Cream
source: http://wolipop.detik.com/read/2011/06/16/163501/1661911/1139/5-referensi-produk-sunblock-pelindung-wajah
baca juga

BB Cream

BB cream berguna sebagai coverage wajah dengan. Kamu bisa gunakan BB cream ini sebagai dasar agar wajah terlihat lebih rata. Namun jika ingin terlihat lebih natural kamu bisa gunakan BB cushion yang memiliki kegunaan yang sama dengan BB cream, namun dengan hasil yang lebih natural dan nge-blend dengan warna kulit.

BB Cream
source: http://vanioktaviana.blogspot.com/2016/01/review-dan-harga-Wardah-BB-Cream.html

Concealer

Concealer dapat meng-cover dark spot seperti mata panda atau bekas jerawat. Pilihlah concealer yang memiliki spf dan bertekstur creamy, agar coverage di wajah terlihat sempurna. Namun jika kamu belum andal dalam menggunakan creamy concealer, kamu bisa gunakan concealer ber-tekstur cair yang lebih mudah digunakan sehingga wajah kamu tidak akan terlihat cakey.

Concealer
source: http://lifeisbeautiful-dian.blogspot.co.id/2015/09/concealer-macam-dan-fungsinya.html
baca juga

Loose Powder

Loose powder adalah produk yang sangat cocok dipilih oleh pemula ketimbang compact powder atau two way cake. Loose powder dapat membuat wajah terlihat lebih natural tanpa ada kesan cakey. Kamu bisa aplikasikan loose powder dengan kuas bedak agar lebih rata. Jika ingin terlihat lebih glowing kamu bisa skip penggunaan loose powder ini.

Loose Powder
source: http://www.herworldplus.com/beauty/updates/8-best-loose-face-powders-hot-singapore-weather

Blush

Kamu tentu tidak ingin terlihat pucat, sentuhan blush di wajah akan membuat rona pipi keluar sehingga kamu akan terlihat lebih fresh. Pilihlah warna peach atau pink agar wajah terlihat lebih segar. Jika ingin terlihat lebih natural kamu bisa pilih cream blush, karena blush jenis ini lebih nyatu ke kulit sehingga tidak terkesan lebay.
Blush
source: http://www.nyxcosmetics.com/rouge-cream-blush/NYX_010.html

Eyeliner

Penggunaan eyeliner sangat penting, karena dapat mempertajam garis mata sehingga akAn terlihat lebih cantik. Bagi seorang pemula pilihlah eyeliner dengan warna soft seperti coklat, warna coklat memberi kesan natural. Namun jika ingin lebih dramatis kamu bisa gunakan warna hitam.
Eyeliner
source: http://www.cosmopolitan.co.uk/beauty-hair/makeup/reviews/g2797/best-liquid-eyeliner-review/

Lipstick

Satu hal yang gak boleh terlewat adalah lipstiK, meskipun seorang pemula maupun sudah expert. Lipstik adalah produk make up wajib, kamu bisa pilih warna nude jika masih malu untuk menggunakan warna terang, atau kamu bisa pilih warna lipstik yang sesuai dengan warna bibir agar terlihat lebih natural.

Lipstick
source: http://eluxemagazine.com/beauty/is-lipstick-toxic/