1. Mencegah Kulit Kering

Memiliki kulit yang kering memang terasa tidak nyaman dan saat diraba akan terasa kasar. Kondisi ini bisa terjadi karena kulit mengalami dehidrasi. Kamu tak hanya bisa mengatasi masalah ini dengan minum air putih, tapi bisa juga dengan mengonsumsi semangka. Buah berwarna merah ini merupakan salah satu buah dengan kadar air tinggi selain mentimun. Nah, manfaat ini dapat membuat tubuh serta kulit terhidrasi dengan baik. Selain dikonsumsi, kamu bisa memanfaatkan semangka dengan cara dibuat masker. Coba tambahkan madu untuk melengkapi khasiatnya yang membuat kulit lebih lembap.
 

1. Mencegah Kulit Kering
source: http://www.infosehat.me/2015/10/cara-alami-melembabkan-kulit-wajah-untuk-para-remaja.html


 

2. Kulit Sehat

Banyak khasiat penting yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi semangka. Buah ini kaya akan beta karoten dan antioksidan yang bisa melindungi tubuh dan kulit dari radikal bebas. Selain itu, semangka juga mengandung vitamin C yang berperan dalam pembentukan dan menjaga kolagen. Dalam hal ini kolagen sangat penting untuk memelihara elastisitas sekaligus kekenyalan kulit. Seperti yang kamu tahu, semakin bertambahnya usia, kolagen juga akan semakin berkurang sehingga mengurangi elastisitas kulit. Untuk itu, mengonsumsi semangka 2-3 potong sehari sangat baik dalam memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh atau sekitar 20% sehari. 
 

2.	Kulit Sehat
source: http://www.stylecraze.com/articles/5-ayurvedic-face-packs-for-glowing-skin/


 

baca juga

3. Mengatasi Kulit Berminyak

Tahukah kamu bahwa semangka ternyata mampu mengurangi produksi minyak yang berlebihan? Semangka diklaim memiliki kandungan vitamin A yang bisa mengecilkan pori-pori serta mengurangi produksi minyak pada wajah. Pori-pori wajah yang membesar akan semakin memicu kelenjar minyak mengeluarkan sebum. Coba lakukan pijatan ringan pada wajah menggunakan jus semangka.  
 

3. Mengatasi Kulit Berminyak
source: http://cantikaku.com/cara-mengurangi-minyak-di-wajah-secara-alami/


 

4. Mecegah Penuaan Dini

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, semangka memiliki kadar likopen yang tinggi. Selain itu, semangka juga diperkaya oleh kandungan vitamin A dan C yang sangat baik untuk membantu mencegah penuaan dini, terutama garis-garis halus serta keriput yang seiring bertambahnya usia. Dengan mengonsumsi semangka, kamu dapat menurunkan jumlah radikal bebas yang masuk ke tubuh. 

 

4. Mecegah Penuaan Dini
source: http://manfaatnyasehat.com/cara-menghilangkan-kerutan-di-wajah/


 

baca juga

5. Mencegah Stroke

Nah kali ini masih berkaitan dengan kandungan yang sama yaitu likopen yang berperan sebagai antioksidan untuk kesehatan tubuh. Tahukah kamu bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan likopen dalam menurunkan resiko penyakit stroke hingga 20%? Menurut seorang ahli gizi Dr Sam Christie, likopen dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan melindungi tubuh dari kerusakan karena kolesterol yang menyumbat aliran darah. 

Buah semangka ternyata memiliki khasiat penting untuk tubuh baik untuk kesehatan dan kecantikan. Jadi, jangan lewatkan untuk mengonsumsi semangka 2-3 potong sehari untuk memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh. Selamat mencoba, Beautynesian!