Kimchi

Kimchi, atau kubis pedas difermentasi, mengandung bakteri baik yang menjaga kesehatan usus. Selain memiliki kalori yang rendah, Kimchi juga kaya akan serat dan nutrisi. Kandungan vitaminnya beragam, mulai dari vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Kimchi juga kaya akan asam amino esensial dan mineral seperti zat besi, kalsium, dan selenium. Selain kandungan bakteri lactobacillus yang baik untuk pencernaan, kimchi juga mengandung capsaicin, chlorophyll, carotenoids, flavonoids.
 
Kimchi
source: https://www.organicfacts.net/health-benefits/other/health-benefits-of-kimchi.html

Dalam menjaga kesehatan usus, kubis dalam Kimchi bekerja aktif mendetoksifikasi dan membuang racun di dalam tubuh. Bawang putih dalam Kimchi menurunkan kolesterol dalam darah sehingga menurunkan risiko penyakit stroke dan serangan jantung. Flavonoid dalam Kimchi bertindak sebagai antioksidan. Bakteri lactobacillus di dalamnya mengurangi peradangan dan menjadi agen anti-obesitas. Manfaat lain dalam mengonsumsi Kimchi adalah meningkatnya imunitas, mencegah penuaan, serta mencegah kanker. Jadi, Kimchi sangat baik untuk kesehatan.

 

Mu Saeng Chae

Mu Saeng Chae merupakan lobak yang diiris tipis dikombinasikan dengan saus yang mengandung cabai merah, bawang putih, biji wijen, dan daun bawang. Tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak jenuh, Mu Saeng Chae baik untuk kesehatan jantung. Mu Saeng Chae kaya akan serat sehingga makanan ini cocok bagi kamu yang ingin diet. Mineralnya terdiri dari magnesium dan potassium. Nah magnesium ini baik untuk syaraf dan reaksi enzim dalam tubuh. Sedangkan potassium menjaga denyut jantung dan reaksi metabolisme. Vitamin A dan vitamin C di dalam Mu Saeng Chae juga membantu menjaga kesehatan mata dan kulitmu.
 

Mu Saeng Chae
source: https://www.buzzfeed.com/crystalro/a-beginners-guide-to-eating-at-a-korean-restaurant?utm_term=.sdjoebNrA#.ybej9xvEp


 

baca juga

Kongnamul Muchim

Kongnamul Muchim adalah lauk yang terdiri dari kecambah, bawang putih, bawang hijau, serbuk cabai, serta minyak wijen. Kecambah memiliki manfaat kesehatan yang sangat berlimpah. Kecambah dapat meningkatkan proses pencernaan, memperlancar metabolisme, meningkatkan aktvitas enzim di seluruh tubuh, dan mencegah anemia. Lalu, kecambah juga membantu penurunan berat badan bagi penderita obesitas, menurunkan kolesterol derta tekanan darah, serta melindungi tubuh dari kanker. Selain itu, kecambah pada kongnamul muchim baik untuk kesehatan kulit, meningkatkan penglihatan mata serta mendukung sistem imun. Konsumsi Kongnamul Muchim agar tubuh lebih sehat dan kulit semakin cantik.
 

Kongnamul Muchim
source: http://seonkyounglongest.com/kongnamul-muchim-korean-soybean-sprouts-side-dish/


 

Hobak Namul

Hobak Namul adalah tumis zucchini dengan serbuk cabai merah pedas. Makanan ini kaya akan vitamin A, vitamin C, anti inflamasi. Kandungan vitamin A nya baik untuk kesehatan mata. Lalu, vitamin C di dalamnya mencegah sclerosis, pembengkakan, dan menyembuhkan  asma. Zucchini-nya sendiri juga kaya akan karbohidrat, protein dan serat sehingga baik untuk penurunan berat badan secara sehat. Kandungan potassium dan folate yang tinggi juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Konsumsi Hobak Namul agar level homocystine kamu juga menurun.
 

Hobak Namul
source: http://chowdivine.com/hobak-namul-korean-stir-fried-zucchini/


 

baca juga

Gaji Namul

Gaji namul adalah lauk berbahan terong dengan perasa kecap asin, bercampur dengan bawang putih, bawang bombay, dan serbuk cabai. Terong di dalam gaji namul memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kaya akan serat, terong baik untuk progam penurunan berat badan. Riset menunjukkan bahwa terong melindungi sel otak dengan phytonutrient nasunin. Terong kaya akan komponen anti oksidan, melindungi tubuh dari kanker, anti mikrobial, dan anti kolesterol buruk. Gaji namul baik untuk kesehatan jantung serta kaya akan zat besi yang baik untuk wanita, terutama saat menstruasi.
 

Gaji Namul
source: http://crazykoreancooking.com/recipe/eggplant-gaji-namul