Hal utama yang perlu diperhatikan ketika memakai face primer yaitu kondisi kulit wajah. Saat ini juga sudah banyak produk makeup primer yang disesuaikan dengan berbagai jenis wajah. Bahkan, tersedia juga produk primer yang 2in1 mengandung SPF dan juga BB cream. Cara menggunakannya biasanya setelah skin care dan sebelum foundation. Face primer sebenarnya memiliki fungsi yang baik untuk makeup. Salah satunya membuat riasan wajah jadi lebih tahan lama. Berikut beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan memakai face primer saat makeup.
 

1. Membuat Kulit Lebih Halus

Face primer akan membantu kulit wajah dalam mempersiapkan makeup. Bila kamu memiliki kondisi wajah yang tidak merata, berjerawat, ataupun kemerahan, face primer cukup bisa diandalkan untuk memperbaiki kondisi tersebut. Wajah yang halus dan mulus membuat makeup menempel sempurna pada wajah. Tapi yang perlu diingat gunakan face primer secukupnya. Pemakaian face primer yang tidak berlebihan sudah mampu membuat kulit tampak lebih halus.
 

1. Membuat Kulit Lebih Halus
source: http://jamiemakeup.com/makeup-tips-you-need-to-know/


 

baca juga

2. Mengurangi Kerutan dan Garis Halus

Masalah penuaan seperti kerutan dan garis halus di beberapa bagian wajah tentu sangat mengganggu penampilan. Hal ini seperti menandakan bahwa kondisi kulit terlihat menua. Untuk itu kamu membutuhkan primer untuk menyamarkan kerutan halus. Cara menggunakannya adalah dengan bersihkan wajah terlebih dahulu. Kemudian, aplikasikan pelembap, diamkan sebentar lalu gunakan primer. Face primer digunakan sebelum memakai foundation. 
 

2. Mengurangi Kerutan dan Garis Halus
source: http://icaraku.blogspot.co.id/2013/06/cara-menghilangkan-kerutan-di-bawah-mata.html


 

3. Membuat Makeup Tahan Seharian

Biasanya makeup mudah sekali luntur saat beraktivitas. Bila sudah seperti ini, terkadang membuat kita malas untuk touch up ulang. Untuk itu, pemakaian face primer sangat dibutuhkan agar makeup tahan seharian. Apalagi bila kita memiliki jadwal yang begitu padat. Kandungan face primer dapat mengunci kelembapan kulit terutama untuk kulit kering. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi terhadap makeup luntur. 

 

3. Membuat Makeup Tahan Seharian
source: http://lifestyle.bisnis.com/read/20150508/403/431381/konsultasi-cantik-cara-membuat-makeup-tahan-lama


 

baca juga

4. Mengurangi Produksi Minyak yang Berlebihan

Kulit berminyak memang seringkali terjadi terutama di area T- Zone atau area dahi dan hidung. Sebelumnya kamu harus memilih face primer yang bisa mengatasi masalah kulit berminyak kamu terlebih dahulu. Gunakan secukupnya pada wajah agar makeup tampak natural. Pilih face primer yang mengandung silicon base untuk mengontrol produksi minyak. Sedangkan untuk kulit kering, pilih yang mengandung skin illuminator untuk memberikan kilau alami pada wajah. 
 

4. Mengurangi Produksi Minyak yang Berlebihan
source: http://makeuptutorials.com/face-primers/


 

5. Meratakan Warna Kulit

Selain face primer ada pula superprimer yang memiliki fungsi hampir sama. Namun bedanya, superprimer dapat memperbaiki kompleksi warna kulit. Terdiri dari beberapa warna yaitu pink untuk kulit kusam, kuning untuk kulit yang memiliki kemerahan, peach untuk warna kulit tidak merata dan ungu untuk kulit pucat.

 

5. Meratakan Warna Kulit
source: http://style.over.net/kako-dosezemo-brezhibno-polt/


 

Itulah manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan face primer. Selama pemilihan produk serta pemakaiannya tepat, kamu bisa mendapatkan hasil makeup yang  diinginkan. Selamat mencoba, Beautynesian!