Manfaat Pemanasan Sebelum Melakukan Jogging

Sebelum melakukan olahraga, kita sering dianjurkan untuk melakukan pemanasan. Namun, tidak semua orang menyadari manfaat dan tujuan dari pemanasan. Beberapa manfaat pemanasan sebelum berlari antara lain adalah meningkatkan suhu tubuh, meningkatkan kerja otot, memperbaiki kerja dan irama jantung, memperlancar distribusi cairan sendi sebagai pelumas, dan menghindari cedera.

Nah intensitas jogging yang kamu lakukan juga menentukan seberapa penting pemanasan yang perlu kamu lakukan sebelumnya. Semakin jauh dan cepat intensitas joggingmu, semakin diperlukannya pemanasan. Di bawah ini adalah 5 jenis gerakan pemanasan yang bisa kamu lakukan sebelum memulai aktivitas joggingmu. Selamat mencoba!
 

1. Hip Flexor Stretch

Berdiri tegak. Tekuk kaki dan angkat lutut kanan mendekati dada sambil ayunkan lengan kirimu ke depan. Turunkan kaki kanan, dan ulangi pada kaki kiri secara bergantian sebanyak masing-masing 10 repetisi. 
 

1. Hip Flexor Stretch
source: http://www.runnersworld.com/the-body-shop/five-exercises-to-do-before-every-run/slide/1


 

baca juga

2. Leg Flexor Stretch

Berdiri tegak dengan posisi lengan kanan didepan. Tekuk lutut kedepan, paha sejajar dengan tanah dan ayunkan lengan kanan ke belakang dan lengan kiri ke depan. Kencangkan paha dan luruskan kaki ke depan. Kembali ke posisi awal dan lakukan pada masing-masing kaki sebanyak 10 repetisi. 
 

2. Leg Flexor Stretch
source: http://www.runnersworld.com/the-body-shop/five-exercises-to-do-before-every-run/slide/2


 

3. Leg Extensor Stretch

Kencangkan paha belakang dan tekuk lutut kanan ke arah belakang, arahkan telapak kaki ke bokong sambil ayunkan lengan kananmu ke belakang dan lengan kirimu ke depan. Lakukan pada masing-masing kaki sebanyak 10 repetisi. 

3. Leg Extensor Stretch
source: http://www.runnersworld.com/the-body-shop/five-exercises-to-do-before-every-run/slide/3
baca juga

4. Plantar Flexor Stretch

Berdiri tegak dengan posisi tangan di pinggang. Angkat kaki kananmu dan jaga agar lutut tetap lurus. Lenturkan kakimu, arahkan ibu jari kaki ke atas. Kembali ke posisi semula, lakukan pada masing-masing kaki sebanyak 10 repetisi. 
 

4. Plantar Flexor Stretch
source: http://www.runnersworld.com/the-body-shop/five-exercises-to-do-before-every-run/slide/4

5. Hip Extensor Stretch

Bawa pinggangmu ke depan. Angkat kaki kananmu dan tekuk lutut kanan kedepan sembari ayunkan lengan kirimu ke depan layaknya berlari. Jaga posisimu lalu bawa kaki kirimu ke belakang sambil ayunkan tangan kananmu ke depan dan tangan kirimu ke belakang. Kembalikan kaki ke posisi semula dan lakukan pada masing-masing kaki sebanyak 10 repetisi.
 

5. Hip Extensor Stretch
source: http://www.runnersworld.com/the-body-shop/five-exercises-to-do-before-every-run/slide/5