1. Tree Pose (Vrksasana)
 

source: https://yoga.com/article/yoga-poses-to-fix-your-posture


Gerakan yoga simple pertama yang baik untuk memperbaiki postur tubuh adalah Tree Pose. Kamu akan belajar bagaimana menjaga keseimbangan tubuhmu dan membiasakanmu agar selalu berdiri degan tegap. 

Cara melakukannya: 
Berdiri dengan badan tegap dan jadikan kaki kananmu menjadi tumpuan. Secara pelahan, angkat kaki kirimu dan letakkan telapak kakimu pada paha bagian dalam. Jika kamu sudah bisa menjaga keseimbangan, angkat tanganmu dan bawa ke depan dada membentuk pose Namaste. Tahan pose ini selama satu menit dan ulangi untuk kaki sebelah kiri.

 


2. Plank
 

source: https://yoga.com/article/yoga-poses-to-fix-your-posture


Pose plank ini bisa memperkuat tulang pinggul dan punggungmu. Nah kedua tulang ini sangat berpengaruh pada postur tubuh sehingga dengan rutin melakukan pose plank, kamu bisa terbiasa berdiri dengan tegap.

Cara melakukannya:
Baringkan badan dengan posisi perut menghadap ke bawah (tengkurap). Setelah itu, angkat bahu dan pinggulmu ke atas hingga membentuk garis lurus. Kamu harus memastikan bahwa tubuhmu membentuk garis yang lurus ya. Tahan pose ini selama 1 menit. 

 

baca juga


3. Cobra Pose (Bhujangasana)
 

source: https://yoga.com/article/yoga-poses-to-fix-your-posture


Cobra Pose ini sangat baik untuk mengembalikan bentuk tulang punggungmu yang membungkuk lho Beautynesian. Gerakan sederhana ini juga bisa membuat tulang pinggulmu menjadi lebih fleksibel dan mengencangkan otot dada. 

Cara melakukannya: 
Baringkan badan dengan posisi perut menghadap ke bawah (tengkurap). Lalu, angkat bagian atas tubuhmu secara perlahan dengan menggunakan bantuan tangan. Busungkan dadamu ke depan. Arahkan pandanganmu ke depan dan tahan selama satu menit. 
 


4. Downward Facing Dog (Adho Mukha Svnanasana)
 

source: https://yoga.com/article/yoga-poses-to-fix-your-posture


Pose yoga satu ini sangat baik untuk memperbaiki postur tubuhmu karena mampu merenggangkan tulang punggung dan stretch bahumu. Karena itu, dengan melakukan gerakan ini secara rutin, postur tubuh membungkukmu dapat kembali tegap.

Cara melakukannya:
Buat pose seperti saat bermain kuda-kudaan dan luruskan kakimu selagi mengangkat pinggulmu ke atas. Kamu bisa menyesuaikan posisi tanganmu dengan menggesernya sedikit ke depan untuk membuat garis vertikal yang lurus dengan bahu, punggung, dan pinggul. Jaga posisi punggungmu agar tetap lurus dan tahan pose ini selama satu menit.
 

baca juga


5. Cow Face Pose (Gomukhasana)
 


Cow Face Pose merupakan gerakan yoga yang dapat menarik dan merenggangkan punggung dan bahumu secara intens. Gerakan ini bisa dengan cepat mengembalikan bentuk tubuhmu yang tidak normal dan bisa membuat ototmu lebih rileks setelah seharian duduk di sekolah, kampus, ataupun kantor. 

Cara melakukannya:
Duduk dengan posisi sila dan tegakkan tubuh bagian atas. Busungkan dadamu ke depan. Angkat tangan kirimu ke atas dan tekuk ke belakang kepala dan punggung. Lalu, bawa tangan kananmu dari bawah ke belakang punggung dan cobalah untuk menyatukan tanganmu. Pastikan badanmu tetap tegap dan tahan selama satu menit. Setelah itu, ulangi gerakan ini untuk sisi tangan satunya.

Lakukan kelima gerakan ini setiap hari dan kamu akan melihat perubahan yang signifikan pada postur tubuhmu! Oh iya selain itu, kamu juga bisa membuat tubuhmu semakin tinggi dengan gerakan ini lho. So, make sure to do this yoga regularly!