Banyak wanita masih memiliki pemahaman keliru mengenai ukuran bra. Banyak yang mengira bahwa bra dengan ukuran cup D hanya ditujukkan bagi wanita yang memiliki payudara besar dan ukuran cup A pasti digunakan oleh pemilik payudara kecil. Padahal kenyataannya, ukuran cup bra selalu sebanding dengan ukuran lingkar bra. Maka dari itu penting bagi kamu untuk mengetahui ukuran bra yang sesuai dengan payudaramu. Lalu bagaimana cara mengetahui ukuran tersebut? Simak caranya berikut ini!
 

Step 1: Mengukur Lingkar Bawah Payudara

Mengukur lingkar bawah payudara adalah satu hal yang penting karena 90% payudara akan ditopang dengan lingkar bra, sedangkan tali bra hanya menopang sekitar 10% saja. Ukurlah lingkar bawah payudaramu tanpa menggunakan pakaian ataupun bra. Gunakan meteran kain dan pastikan meteran tersebut tidak terlalu menekan ataupun terlalu longgar saat kamu melakukan pengukuran. Ukuran yang kamu dapatkan bisa saja tidak bulat, Nah kalau seperti itu, lakukan pembulatan ke atas. Setelah itu, tambahkan 4 inchi jika kamu mendapatkan angka genap atau tambahkan dengan 5 inci jika kamu mendapatkan angka ganjil. Jika seluruh perhitungan sudah dilakukan, maka kamu akan mendapatkan ukuran lingkar payudaramu.
 

Step 1: Mengukur Lingkar Bawah Payudara
source: https://kawaiibeautyjapan.com/article/711/cara-mengukur-bra


Contoh:
Hasil pengukuran adalah 31,7 inchi
Ukuran lingkar payudara: Lakukan pembulatan ke atas menjadi 32 inchi. Karena bilangan yang didapatkan genap, maka tambahkan dengan angka 4 sehingga kamu mendapatkan ukuran 36 inchi. Nah secara otomtis, lingkar payudaramu adalah 36 inci.
 

baca juga

Step 2: Mengukur Ukuran Cup Bra

Masih menggunakan meteran kain, lingkarkan meteran di bagian yang paling menonjol (sejajar dengan puting payudara). Usahakan meteran kain jangan terlalu ketat ataupun terlalu longgar saat melakukan pengukuran. Pengukuran ini dapat dilakukan dengan cara membungkuk sehingga seluruh bagian payudaramu dapat terukur dengan baik. Jika hasil pengukuran yang didapatkan bukan bilangan bulat, maka lakukan pembulatan ke atas. Setelah mendapatkan ukuran tersebut, kurangi angka tersebut dengan ukuran lingkar bawah payudara yang sudah diukur sebelumnya. Kemudian, cocokkan dengan keterangan berikut ini:

0  = AA
1  = A
2  = B
3  = C
4  = D
5  = DD
6  = DDD, F
7  = G
 

Step 2: Mengukur Ukuran Cup Bra
source: https://kawaiibeautyjapan.com/article/711/cara-mengukur-bra


Contoh (lanjutan contoh pada step 1):
Hasil pengukuran 33,8 inchi
Ukuran lingkar bawah payudara 32 inchi
Ukuran cup payudara: Lakukan pembulatan ke atas menjadi 34 inci. Lalu dikurangi dengan ukuran lingkar bawah payudara 34 - 32 = 2. Kemudian jika dilihat pada keterangan, selisih angka 2 menunjukkan ukuran cup B. Maka dari itu, ukuran bra yang sesuai adalah 36 B.
 

Lalu bagaimana jika tidak ada ukuran yang pas?

Jika bra dengan ukuran pas tidak tersedia, maka carilah ukuran yang mirip. Caranya adalah dengan menurunkan dua tingkat ukuran lingkar bra, namun menaikkan satu tingkat ukuran cup bra (contoh ukuran 36B menjadi 34C). Cara lain adalah dengan menaikkan dua tingkat ukuran lingkar bra namun menurunkan satu tingkat ukuran cup bra (contoh ukuran 36B menjadi 38A).
 
baca juga

Mudah bukan caranya, Beautynesian? Perlu diingat bahwa ukuran bra dapat berbeda-beda sesuai dengan mereknya. Oleh karena itu, kamu tetap perlu untuk mencoba bra saat akan membelinya untuk memastikan ukuran bra tersebut. Kamu yang mengetahui kondisi tubuhmu sehingga idealnya hanya kamu yang mengetahui ukuran bra yang manakah yang nyaman untuk digunakan. Jangan terlalu mengikuti arahan pelayan toko dalam menentukan ukuran bra milikmu ya. Selamat mencoba, Beautynesian!