Keeping Your Back Clean


 

Keeping Your Back Clean
source: http://www.hercampus.com/beauty/6-ways-keep-your-skin-hydrated-summer


The first and foremost, kunci dari badan terbebas dari jerawat adalah untuk menjaganya agar tetap bersih! Jangan lupa untuk selalu mandi ketika pulang ke rumah setelah seharian berkeringat dan terkena kotoran dari lingkungan luar. Setelah itu, ganti pakaianmu dengan pakaian yang bersih agar terhindar dari bakteri dan kotoran yang bisa menyumbat pori-pori pada punggungmu. 

 

Exfoliate Your Skin


 

Exfoliate Your Skin
source: http://modellist-id.com/the-3-best-micro-beads-free-body-scrubs/


Dengan rajin membersihkan sel kulit mati pada punggung, kamu bisa menutup kesempatan bagi jerawat untuk muncul. Exfoliating juga bisa mengusir bakteri jahat penyebab jerawat dan mengangkat kotoran dengan sempurna sehingga kulit punggungmu bisa terhindar dari jerawat. Lakukan exfoliating secara rutin untuk memberikan deep cleansing pada kulit punggungmu. 

 

baca juga

Use Home Remedies to Cure Back Acne


Selain cara di atas, kamu juga bisa menggunakan DIY skincare yang bisa kamu buat sendiri di rumah untuk memaksimalkan perawatan punggung yang berjerawat. Berikut adalah resep DIY skincare yang bisa kamu coba untuk mengatasi jerawat di punggung:

 

1. Oatmeal and Honey Mask


 

1. Oatmeal and Honey Mask
source: http://dabblesandbabbles.com/oatmeal-honey-face-scrub/


Oatmeal yang dicampurkan dengan madu bisa menjadi masker terbaik untuk mengatasi jerawat. Kandungan anti-bacteria property yang ada pada madu bisa merawat jerawat yang meradang, dan kandungan anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi pada oatmeal bisa menutrisi kulitmu yang berjerawat. 

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 3 sdm oatmeal
  • 3 sdm madu
  • Air hangat secukupnya

Cara membuat:

Rendam oatmeal dengan air hangat seperti ketika kamu memasaknya. Setelah matang, campurkan madu dan biarkan dingin. Setelah itu, balurkan masker tersebut ke area punggung yang berjerawat dan diamkan selama 20 menit. Gunakan air hangat untuk membilasnya. 


 
baca juga

2. Baking Soda Paste


 

2. Baking Soda Paste
source: https://authorityremedies.com/home-remedies-for-bad-breath/


Baking soda memiliki kandungan anti-fungal yang baik untuk mengatasi jerawat. Bahan dapur ini juga dapat menormalkan pH level kulit sehingga bisa selalu lembap. Tapi, kamu harus berhati-hati ketika menggunakan baking soda karena jika jumlahnya terlalu banyak bisa menyebabkan iritasi. 

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 sdt Baking Soda
  • Air secukupnya

Cara membuat:

Tuangkan air dan campurkan dengan baking soda. Aduk terus hingga teksturnya berubah menjadi pasta. Setelah itu, oleskan pada jerawat dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin. Lakukan secara rutin sebanyak dua hari sekali untuk hasil maksimal.


 

3. Sugar Scrub


 

3. Sugar Scrub
source: http://www.thenovicechefblog.com/2013/05/diy-coconut-sugar-scrub/


Gula merupakan bahan alami terbaik untuk exfoliating. Butirannya bekerja seperti micro-beads yang terdapat pada produk scrub yang dijual di pasaran namun lebih aman karena alami. Gula juga bisa berfungsi sebagai moisturizer yang dapat mencegah kulit kering.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 2 sdm Gula Putih
  • 1 sdm Coconut Oil
  • Kamu juga bisa menambahkan bahan lainnya seperti madu atau daun teh hijau.

Cara membuat:

Campurkan gula dan coconut oil. Scrub pada bagian punggung yang berjerawat dengan gerakan memutar secara lembut. Lakukan perawatan ini setelah mandi karena bisa lebih mempermudah proses exfoliating.