Minum Air Putih

Cara termudah untuk menekan nafsu makan adalah dengan meminum air putih. Saat tubuh kekurangan cairan maka tubuh akan merasakan hal yang sama seperti saat sedang lapar. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memakan sesuatu minumlah air putih terlebih dahulu. Dengan begitu, otak akan mengalihkan perasaan ingin makan.

Minum Air Putih
source: http://weheartit.com/entry/262613332/search?context_type=search&context_user=jiyonq&page=7&query=drink+water

Kunyah Makanan Secara Perlahan

Sudah makan tapi perut masih merasa lapar? Hal ini bisa disebabkan otak belum menerima 'sinyal' bahwa kamu telah makan.

Kunyah Makanan Secara Perlahan
source: http://weheartit.com/entry/263078658/search?context_type=search&context_user=Otherwiseknownastwin&query=eating

Sinyal yang dikirimkan leptin dari perut ke otak setidaknya membutuhkan waktu 20 menit. Jika kamu makan terlalu cepat, besar kemungkinan kamu akan merasa masih lapar walaupun setelah selesai makan, karena otak belum mendapatkan sinyal kenyang. Oleh karena itu, mengunyah makanan secara perlahan menjadi salah satu hal yang penting, terlebih lagi jika kamu sedang menjalani program diet.

baca juga

Awali dengan Sayuran (Serat)

Jika kamu mengawali makan dengan karbohidrat, kadar gula darah akan mengalami kenaikan tajam secara tiba-tiba. Peningkatan gula darah secara cepat cenderung menyebabkan penurunan yang juga cepat. Hal inilah yang kemudian membuat kita merasa cepat lapar.
 

Awali dengan Sayuran (Serat)
source: http://weheartit.com/entry/240458444/search?context_type=search&context_user=cyagomez&page=3&query=veggies+and+fruits

Urutan makan yang paling disarankan adalah:

sayuran (serat) → sup → daging atau ikan (protein) → nasi atau mie (karbohidrat)

Sikat Gigi

Jika setelah selesai makan kamu masih merasakan rasa lapar, cobalah untuk menyikat gigi. Kegiatan menyikat gigi dapat menjadi tanda bahwa makan telah selesai dan kamu bisa manfaatkan ini sebagai cara untuk menahan rasa lapar. Aroma mint dari pasta gigi juga dapat merangsang otak untuk merasa kenyang. Jika kamu tidak mempunyai banyak waktu untuk sikat gigi, sebagai alternatif kamu juga bisa gunakan mouthwash setelah selesai makan.

Sikat Gigi
source: http://office-cosme.com/blog/?p=677
baca juga

Pilih Makanan Rendah Kalori untuk Puaskan Perut

Jika rasa laparmu sudah tak tertahankan lagi, maka makanlah. Pilihlah makanan yang memiliki kalori rendah agar tidak merusak program diet yang sedang kamu jalani. Beberapa cemilan yang direkomendasikan antara lain adalah kacang-kacangan, dried fruit, atau salad. Tapi perlu diingat, meskipun memiliki kalori yang rendah, usahakan untuk tidak makan terlalu banyak.

Pilih Makanan Rendah Kalori untuk Puaskan Perut
source: http://weheartit.com/entry/148287152/search?context_type=search&context_user=somethingaboutemma&page=2&query=dried+fruits

Semoga program dietmu berjalan dengan lancar!