1. Mengurangi Intensitas Cahaya Monitor


Jika kecerahan layar monitor terlalu tinggi, maka radiasi gelombang elektromagnetik yang dihasilkan akan semakin tinggi dan tentunya hal ini tidak baik untuk kesehatan mata.
1. Mengurangi Intensitas Cahaya Monitor
source: http://www.inside.com.tw/2014/12/24/why-programmers-work-at-night
Jadi, aturlah tingkat kecerahan senyaman mungkin untuk mata Minasan.
1. Mengurangi Intensitas Cahaya Monitor
source: http://www.wa-toolkit.info/wa13118E.asp

2. Menggunakan Kacamata Anti Radiasi


Gunakanlah kacamata anti radiasi untuk mengurangi paparan intensitas cahaya monitor yang masuk ke mata.
2. Menggunakan Kacamata Anti Radiasi
source: http://www.offerany.com/p-15770475927-Unisex-models-anti-radiation-radiation-glasses-computer-mirror-plain-glass-spectacles-anti-fatigue-goggles.html

3. Atur Jarak Pandang terhadap Layar


Jangan meletakkan layar monitor terlalu dekat dengan mata, aturlah jarak pandang minimal 45 cm.
3. Atur Jarak Pandang terhadap Layar
source: http://ciricara.com/2012/10/17/ciricara-cara-aman-berada-di-depan-monitor/

4. Mengalihkan Pandangan


Alihkan pandangan ke benda yang berada jauh dari mata Minasan atau melihat pemandangan di luar. Hal ini untuk mengistirahatkan otot mata yang tegang.
4. Mengalihkan Pandangan
source: http://blogs.rochester.edu/thegreendandelion/2010/10/daylight-harvesting-to-the-rescue-how-to-save-energy-and-increase-office-productivity/

5. Konsumsi Buah dan Sayur


Makanlah buah dan sayur setiap hari untuk menjaga kesehatan mata, terutama tomat dan wortel.
5. Konsumsi Buah dan Sayur
source: http://www.buyfruit.com.au/cherry-tomatoes
Wortel memiliki kandungan vitamin A yang sangat kaya sehingga baik untuk menjaga kesehatan Minasan. Minasan dapat mengkonsumsinya secara langsung maupun dalam bentuk jus.
5. Konsumsi Buah dan Sayur
source: http://hydro-veggies.net/2013/07/30/carrot-juice-smoothie/

6. Istirahat yang Cukup


Manfaatkan waktu istirahat di rumah sebaik mungkin. Berusahalah untuk tidak kembali menatap layar komputer ketika sudah berada di rumah. Jika tidak, hal ini akan membuat mata Minasan bekerja lebih keras.
6. Istirahat yang Cukup
source: http://www.fitbie.com/2013/09/27/health-headlines
Tidurlah dalam keadaan ruangan yang gelap untuk membantu mata beristirahat secara maksimal.
6. Istirahat yang Cukup
source: http://www.urbanewomen.com/not-sleeping-well-at-night-here-are-7-tips-to-help-you-sleep-soundly-tonight-guaranteed.html