Terkadang kita sering menemukan adanya garis pada kuku. Kondisi ini sering dikaitkan dengan beberapa mitos, mulai dari ada seseorang yang rindu sampai ada orang yang benci pada kita. Tetapi kenyataannya, garis pada kuku bisa jadi petunjuk kondisi kesehatan tubuhmu lho, Ladies. Nah, berikut ini adalah arti dari munculnya garis pada kuku kamu. Hmm, apa saja ya?
 

Kekurangan Nutrisi

Kekurangan Nutrisi


Kekurangan nutrisi, khususnya kalsium dan zinc ternyata bisa membuat kuku jadi lebih rapuh. Akibatnya, kuku sering menimbulkan garis putih. Nah, untuk mengatasi hal ini, sebaiknya konsumsi makanan yang tinggi kalsium dan zinc seperti telur, daging sapi, dan kacang-kacangan. 
 

baca juga

Alergi

Alergi


Garis putih pada kuku ternyata bisa juga disebabkan oleh alergi. Kalau kamu punya riwayat alergi pada makanan atau obat-obatan tertentu, munculnya garis putih pada kuku bisa jadi salah satu efek sampingnya. Untuk mengatasinya, segera stop konsumsi makanan atau obat-obatan yang kamu konsumsi. Untuk obat, jangan lupa konsultasikan dulu dengan dokter ya.
 

Trauma pada Kuku

Trauma pada Kuku


Cedera ternyata juga bisa terjadi pada kuku. Meskipun cedera yang dialami ringan, namun tetap bisa memberikan efek pada kuku kita. Salah satu efek yang paling terlihat dari cedera kuku adalah munculnya garis putih. Meskipun begitu, kamu enggak perlu khawatir karena hal ini tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya. 
 

baca juga

Anemia

Anemia


Kekurangan sel darah merah bisa menyebabkan munculnya garis putih pada kuku. Hal ini karena nutrisi dan oksigen yang dibawa sel darah merah terhambat dan menyebabkan kuku jadi terganggu pertumbuhannya. Kalau munculnya garis putih pada kuku disertai dengan rasa pusing dan badan yang lemas, segera periksa ke dokter untuk mengetahui apakah kamu mengalami anemia. 

Itu tadi arti kesehatan di balik garis putih pada kuku. Dengan mengetahui arti kesehatan di baliknya, kamu bisa lebih aware dengan perubahan yang terjadi pada tubuh kamu, Ladies. Jangan lupa juga untuk selalu merawat kuku dengan rajin memotong kuku dan menggunakan treatment khusus kuku ya, Ladies.