1. Masa lalu

image source: Unsplash/Vladimir Kudinov

Apa yang sudah berlalu, biarlah berlalu. Terutama aib masa lalu, sebenarnya tidak perlu diungkit lagi, apalagi jika kamu yang sekarang benar-benar menyesali perbuatanmu. Misalnya, kamu tidak perlu mengungkapkan siapa saja yang pernah menjalin hubungan asmara denganmu karena dapat menimbulkan kecemburuan. Kamu juga tidak perlu menceritakan detail insiden memalukan di bangku sekolah atau kebiasaan anehmu di masa kecil.

Selama hal itu tidak banyak berpengaruh negatif di masa sekarang, tak apa jika kamu merahasiakannya dari pasangan. Daripada menatap ke belakang, akan lebih baik jika kamu dan pasangan fokus ke masa depan sehingga hubungan asmara kalian tetap harmonis.
 

2. Password media sosial

image source: faunalytics.org

Password media sosial juga merupakan hal yang sebaiknya dirahasiakan dalam hubungan. Banyak pasangan yang membagikan password media sosial ke pacarnya atas dasar cinta, padahal sebenarnya password adalah bagian dari privasi. Jadi, kamu tidak perlu membagikan password ke siapapun, termasuk pasangan.
 

baca juga

3. Kebaikan mantan

image source: thoughtcatalog.com

Meskipun sudah putus, mungkin ada beberapa hal yang kamu sukai dari mantan dan tetap membekas sampai sekarang, sementara hal itu tidak kamu temukan dalam diri pasanganmu yang sekarang. Jika itu terjadi, ada baiknya kamu tidak menceritakan tentang kebaikan mantan karena hal-hal seperti itu bisa menumbuhkan rasa tidak aman dan kecemburuan dalam hubungan asmara.
 

4. Komentar negatif dari teman atau keluarga

image source: Unsplash/Taisiia Shestopal

Berikutnya, hal yang sebaiknya dirahasiakan dalam hubungan yakni komentar negatif dari keluarga atau teman. Perlu digarisbawahi, komentar negatif beda dengan komentar yang sifatnya membangun. Jadi, ketika ada kata-kata tak sedap dari keluarga atau teman tentang pasanganmu, baiknya abaikan saja. Selain menjaga perasannya, kamu juga menjaga hubungan asmara kalian. Namun jika menurutmu komentar tersebut akan memberi pengaruh baik bagi pasangan, kamu bisa sampaikan baik-baik.
 

baca juga

5. Ada orang lain yang naksir kamu

image source: Unsplash/Darya Ogurtsova

Satu lagi hal yang sebaiknya dirahasiakan dalam hubungan agar hubungan asmara tetap harmonis, tentang orang lain yang naksir kamu. Di satu sisi kamu mungkin ingin membuat pasanganmu cemburu dengan bercerita kalau ada seseorang yang naksir kamu. Tak akan jadi masalah kalau dia akhirnya memang cemburu, itu tandanya dia cinta sama kamu. Tapi kalau dia justru menuduh kamu yang genit, tebar pesona, atau bahkan selingkuh, nah hubungan kalian bisa terancam, kan?