Ada banyak bahaya yang mengintai jika kamu terlalu sering menggunakan musik dengan menggunakan headphone. Apa saja bahayanya? Yuk langsung simak ulasannya berikut ini!

Hati-Hati! Ini 5 Bahaya Mendengarkan Musik dengan Headphone


 

Infeksi Telinga

Apa kamu salah satu yang sering meminjamkan headphone-mu pada orang lain? Sebaiknya hal ini jangan kamu lakukan lagi ya. Sebab, meminjamkan headphone pada orang lain dapat menyebabkan infeksi telinga. Namun jika kamu sudah terlanjur meminjamkannya, jangan lupa untuk membersihkannya kembali sebelum menggunakan headphone tersebut.
 

baca juga

Merugikan Otak

Suara yang dihasilkan headphone menghasilkan gelombang elektromagnetik yang dapat menyebabkan kerusakan parah para otak dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan bagian dalam telinga terhubung dengan otak. Jadi sebaiknya, jangan terlalu sering dan jangan terlalu keras ketika sedang menggunakan headphone agar hal ini enggak terjadi.

Merugikan Otak


 

Kehilangan Pendengaran

Selain menghasilkan gelombang elektromagnetik, kebanyakan headphone juga memaparkan gelombang suara desibel tinggi. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada telingamu. Jadi, ketika kamu mendengarkan musik dengan volume yang tinggi, maka dapat menyebabkan kerusakan serius pada telingamu. Bahkan, bisa saja kamu akan berisiko mengalami gangguan pendengaran permanen.
 

baca juga

Saluran Udara Padat

Saat sedang stres atau sedih, kita memang butuh hiburan agar enggak terlarut dengan perasaan tersebut. Salah satu cara menghibur diri adalah dengan menggunakan musik dengan headphone. Ketika kuping kita tertutup rapat dengan headphone, hal ini mungkin dapat membantu kita merasa lebih baik. Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya hal ini berbahaya? Jika kamu menggunakan headphone berjam-jam lamanya, hal ini akan membatasi aliran udara di saluran udara telingamu. Sehingga kamu pun akan rentan terkena infeksi telinga.

Saluran Udara Padat


 

Telinga Mati Rasa

Ketika kamu mendengarkan musik selama berjam-jam dengan menggunakan headphone, hal ini juga tentunya akan membuat telingamu mati rasa. Seiring dengan terjadinya mati rasa pada telinga, kamu juga bisa-bisa kehilangan pendengaran untuk sementara. Jangan meremehkan tanda-tanda ini ya, Beautynesian. Sebab kalau kamu tetap melakukan kebiasaan buruk ini, maka bisa mengakibatkan gangguan pendengaran permanen.