Penurunan libido terjadi pada banyak pria. Sayangnya, banyak dari mereka yang enggan untuk membicarakan hal ini karena merasa tidak nyaman dengan stigma yang mungkin dipikirkan orang lain. Bagaimanapun, libido seorang pria memainkan peran besar dalam konsep kejantanannya. Padahal, itu tidak benar. Pasalnya, ada banyak penyebab yang berdampak pada gairah seks yang rendah pada pria. Untuk mengatasinya, simak ulasan tentang penyebab menurunnya libido pada pria berikut ini.

Penyebab Menurunnya Libido pada Pria

Melansir dari Web MD, ada sejumlah hal yang dapat berpengaruh pada tingkat libido seorang pria, mulai dari faktor fisik dan psikologis. Bahkan, pada beberapa kasus keduanya bersinergi menyebabkan penurunan libido yang cukup signifikan.

Waspada! Ini Penyebab Menurunnya Libido pada Pria
source: https://utswmed.org/


Gangguan kondisi fisik yang dapat menyebabkan libido rendah antara lain adalah kadar testosteron rendah, asupan obat resep tertentu, terlalu sedikit atau terlalu banyak berolahraga, hingga asupan alkohol dan obat-obatan terlarang. Di sisi lain, faktor psikologis dapat disebabkan depresi, stres, dan masalah dalam hubungan dengan pasangan.
 


Perlu diketahui, sekitar 4 dari 10 pria dengan usia di atas usia 45 memiliki testosteron rendah. Meskipun masih agak kontroversial, terapi hormon testosteron ini merupakan solusi yang banyak dilakukan untuk masalah ini. Pasalnya, terapi penggantian testosteron ini diketahui juga dapat meningkatkan libido.
 

Waspada! Ini Penyebab Menurunnya Libido pada Pria
source: https://thehealthypandas.com/
baca juga


Cara Mengatasi Penurunan Libido

Untuk mengatasi masalah penurunan libido, kamu perlu mengetahui dulu apa sebenarnya penyebab dari masalahmu. Beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk mengatasinya antara lain:

  • Menjalani gaya hidup sehat. Perbaiki pola makan, olahraga teratur dan tidur yang cukup, hentikan kebiasaan minum minuman beralkohol, dan kurangi stres.
  • Perhatikan asupan obat-obatan yang diresepkan dokter dan konsultasikan untuk menggantinya dengan jenis obat lain.
  • Terapi testosteron
  • Konseling dengan dokter

 

Waspada! Ini Penyebab Menurunnya Libido pada Pria
source: https://www.afterninetonight.com/


Selain itu, perlu dipahami juga bahwa dalam banyak kasus, libido rendah dapat menjadi bentuk keinginan seorang pria untuk memiliki hubungan yang lebih dekat dengan pasangannya. Hubungan yang bukan seksual, tetapi masih intim. Kamu bisa mulai lebih banyak membicarakan ini dengan pasanganmu dan konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.