1. Diare dan gangguan pencernaan

1. Diare dan gangguan pencernaan
source: http://freepik.com

Efek samping kelebihan vitamin C pertama yang umum terjadi adalah gangguan pencernaan, seperti diare dan mual. Tubuh berisiko mengalami gangguan ini jika kamu mengonsumsi vitamin C di luar batas aturan pakai, Ladies. Jadi, pastikan kamu mengonsumsinya seperlunya saja, ya. 

2. Ketidakseimbangan nutrisi

2. Ketidakseimbangan nutrisi
source: http://tebuirengonline.com

Kekhawatiran lain mengenai asupan vitamin C yang berlebihan adalah dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk memproses nutrisi lain. Contohnya, vitamin C dapat mengurangi kadar vitamin B-12 dan tembaga dalam tubuh, lho. 
 

baca juga

3. Kerusakan jantung dan hati

3. Kerusakan jantung dan hati
source: http://newyorkpost.com

Mengingat vitamin C berfungsi meningkatkan penyerapan zat besi, terlalu banyak mengonsumsinya bisa menyebabkan kondisi tubuh mengalami penumpukan zat besi, Ladies. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada jantung, hati, pankreas, tiroid dan sistem saraf pusat.

4. Berisiko menimbulkan batu ginjal

4. Berisiko menimbulkan batu ginjal
source: http://alodokter.com

Vitamin C yang terlalu banyak di tubuh akan dikeluarkan dalam bentuk oksalat, bersama dengan urin. Namun pada beberapa kasus, oksalat bisa terikat dengan mineral yang membentuk kristal dan berubah menjadi batu ginjal. Walau jarang terjadi pada orang yang sehat, risiko gagal ginjal bisa dialami jika mengonsumsi vitamin C di atas 2.000 mg. 

baca juga

5. Memicu osteofit

5. Memicu osteofit
source: http://halodoc.com

Menurut studi, kelebihan vitamin C dapat meningkatkan risiko osteofit, Ladies. Osteofit sendiri merupakan kondisi munculnya benjolan tulang yang tumbuh di sekitar sendi atau tulang. Di samping sendi yang mengalami gangguan nyeri dan kaku bisa muncul osteofit.