Fobia ini menunjukkan rasa takut seseorang terhadap komitmen hubungan dengan pasangan. Komitmen sendiri adalah mendedikasikan waktu dan emosi pada pasangan. Hal ini yang membuat pasangan merasa penting dan dicintai.
 

Namun orang yang fobia justru menjadi cemas saat harus menjalani hubungan yang serius. Hal ini biasanya membuat orang melajang dalam waktu yang lama. Kenali tanda-tanda fobia komitmen seperti berikut ini.
 

Takut dan stress mendengar komitmen

Takut dan stress mendengar komitmen

Saat pasangan meminta kamu untuk menjalankan hubungan yang serius dan meminta komitmen padamu, kamu akan merasa takut sekaligus stress. Hal ini dikarenakan kamu takut mengabdi pada seseorang dalam sebuah hubungan. Biasanya ketakutan ini muncul karena kegagalan dalam hubungan di masa lalu.

 

baca juga

Sering menolak dan menghindari orang

Sering menolak dan menghindari orang

Jika kamu pernah menghindari atau menolak calon pasangan potensial, artinya kamu mengalami fobia komitmen. Bisa saja kepergian orang tersebut membuat kamu menyesal, namun sebagian besar dalam diri kamu justru lega karena telah menghindari kesempatan untuk berkomitmen dengan pasangan.

 

Enggak suka berkomitmen pada hal lain

Enggak suka berkomitmen pada hal lain

Bukan hanya pada hubungan pada pasangan, namun orang yang fobia komitmen juga bisa terjadi pada hal lain. Misalnya, perasaan enggak nyaman yang muncul saat kamu telah bekerja di tempat yang sama dalam waktu lama atau mengikuti rutinitas harian yang itu-itu saja. Biasanya kamu akan terus selalu mencari perubahan.
 

baca juga

Takut ditinggalkan

Takut ditinggalkan

Saat terikat secara emosional dengan pasangan, kamu akan mengalami rasa takut untuk ditinggalkan. Kamu takut orang yang disayangi meninggalkan kamu dan membuat kamu kesepian nantinya. Padahal selama ini kamu telah merasa nyaman, sering pula bergantung, dan melakukan banyak hal dengannya.
 

Ragu akan hubungan

Ragu akan hubungan

Keraguan yang kamu rasakan adalah tanda lain yang menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang fobia komitmen. Kamu merasa ragu apakah menjalani hubungan bersama orang yang tepat. Sering kali kamu akan ragu apakah hubungan yang sedang dijalani berjalan dengan bahagia, sehat, dan apa yang diharapkan.