Aktris Andrea Dian menjadi salah satu selebriti yang diketahui positif terinfeksi COVID-19. Pada awalnya Andrea Dian didiagnosa mengalami demam berdarah. Namun, setelah menjalani tes swab mulut, ia kemudian dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Siapa sangka, Andrea Dian ternyata memiliki kondisi penyakit autoimun, yang menyebabkan paparan virus corona menjadi sangat berisiko baginya.

Autoimun sendiri merupakan kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel tubuh sehat. Kondisi autoimun ini sebenarnya banyak jenisnya. Bahkan, ada banyak artis Indonesia yang diketahui mengidap penyakit tersebut. Ini dia daftarnya!


 


1. Raditya Dika
 

Selain Andrea Dian, Artis-Artis Ini Juga Miliki Kondisi Autoimun
source: https://www.instagram.com/raditya_dika/


Dalam vlog yang diunggahnya, Raditya Dika pernah mengungkapkan kondisi penyakit autoimun yang dideritanya. Ia memiliki gejalanya berupa ruam, kulit kering, serta rasa pegal di bagian sendi. Kondisi ini sudah dirasakannya selama hampir 6 tahun. Istri dari Anissa Aziza ini pun rutin pergi ke Singapura untuk memeriksakan diri dan membeli obat.
 

baca juga


2. Ashanty
 

Selain Andrea Dian, Artis-Artis Ini Juga Miliki Kondisi Autoimun
source: https://www.instagram.com/ashanty_ash/


Beberapa saat yang lalu, Ashanty sempat menghebohkan masyarakat dengan mengunggah kondisi dirinya yang dirawat di rumah sakit. Ia pun mengaku didiagnosa mengidap autoimun. Ia pun tampak menjadi lebih kurus dengan gejala berupa bentol-bentol di sekujur tubuhnya. Saat itu, kondisi Ashanty kurang baik hingga ia sempat dirawat. Meskipun kondisinya sudah jauh membaik, Ashanty kini sangat waspada di masa pandemi virus seperti sekarang. Ia benar-benar hanya menghabiskan waktu di rumah dan melakukan social distancing. 
 


3. Qory Sandioriva
 

Selain Andrea Dian, Artis-Artis Ini Juga Miliki Kondisi Autoimun
source: https://www.instagram.com/qorysandioriva/


Wanita cantik yang meraih gelar Puteri Indonesia 2009 ini ternyata juga tengah melawan penyakit autoimun (sjogren syndrome dan lupus.) Kondisi ini sudah dialaminya selama kurang lebih 12 tahun. Meskipun saat ini virus corona tengah menjadi pandemi yang dikhawatirkan banyak orang, Qori mengaku tidak panik dan memilih untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah dan menjalani social distancing.
 

baca juga


4. Cici Panda
 

Selain Andrea Dian, Artis-Artis Ini Juga Miliki Kondisi Autoimun
source: https://www.instagram.com/pandasuper/


Dalam unggahannya di Instagram, Cici Panda mengaku mengidap autoimun vaskulitis dengan gejala peradangan saraf di bawah kulit. Kondisi ini sudah dialaminya sejak tahun 2015. Itulah sebabnya ia pun mengubah total pola makan dan gaya hidupnya agar menjadi lebih sehat. Selain itu, dalam kondisi pandemi seperti sekarang, ia pun ikut serta dalam gerakan #diRumahAja untuk menghindari penyebaran virus COVID-19.
 


5. Andrea Dian
 

Selain Andrea Dian, Artis-Artis Ini Juga Miliki Kondisi Autoimun
source: https://www.instagram.com/andreadianbimo/


Terakhir, unggahan Andrea Dian juga sempat menghebohkan publik setelah menyatakan bahwa dirinya positif terinfeksi virus corona. Tidak hanya itu, ia juga diketahui positif mengidap autoimun. Dalam kondisi khususnya ini, ia mengaku harus lebih sigap dalam menjaga kondisi imunitas tubuhnya agar selalu berada dalam status yang stabil.