Pemerintah sudah mulai menerapkan aturan yang cukup ketat tentang pergerakan masyarakat dalam satu tempat. Pasalnya, penularan virus COVID-19 dari orang ke orang tidak bisa dipungkiri banyak terjadi di lokasi di mana banyak orang berkerumun. Itulah sebabnya, banyak kegiatan yang harus dibatalkan untuk melarang kerumunan massa dalam satu tempat. Hal ini juga dilakukan agar semua orang bisa menjaga jarak sosial akan melakukan social distancing. Nah, sebagai bentuk antisipasi, simak 5 lokasi yang berisiko tinggi menjadi tempat penularan virus corona berikut ini.


 


1. Rumah Sakit
 

Waspada! Ini Dia 5 Tempat Berisiko Tinggi Penularan Virus Corona
source: https://www.nytimes.com/


Hindari berkunjung ke rumah sakit di masa wabah virus corona saat ini kecuali untuk kasus yang sangat darurat. Batalkan janji untuk memeriksa mata atau sekadar bertemu dengan dokter kecantikanmu jika ia membuka praktek di rumah sakit. Rumah sakit adalah tempat yang paling berisiko untuk penularan virus COVID-19. Bahkan, mereka yang mengalami gejala seperti terinfeksi virus corona pun tidak boleh langsung datang ke rumah sakit melainkan menelepon terlebih dahulu.
 

baca juga


2. Transportasi Umum
 

Waspada! Ini Dia 5 Tempat Berisiko Tinggi Penularan Virus Corona
source: https://eu.usatoday.com/


Selanjutnya, tempat yang juga berisiko tinggi menjadi lokasi penularan virus corona adalah transportasi umum. Baik itu commuter line, MRT, LRT, taksi, angkot, ojek, dan beragam transportasi umum di mana banyak orang secara bergantian berada di dalam atau bersama-sama berdiam diri di dalam kendaraan, sangatlah berisiko menjadi tempat penyebaran virus. Jadi, kalau pun kamu harus pergi dengan kendaraan umum, pastikan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain dan jangan menyentuh handle yang kemungkinan sudah terpapar virus.
 


3. Tempat Umum
 

Waspada! Ini Dia 5 Tempat Berisiko Tinggi Penularan Virus Corona
source: https://www.thejakartapost.com/


Beragam tempat umum seperti halte, stasiun, dan mall juga menjadi tempat yang ramai dikunjungi orang. Itulah sebabnya, tempat-tempat umum seperti ini menjadi lokasi yang berisiko tinggi terhadap penyebaran virus COVID-19. Untungnya, beberapa tempat umum lain seperti rumah ibadah dan taman bermain sudah ditutup sehingga mengurangi akses penyebaran yang mungkin terjadi.
 

baca juga


4. Supermarket
 

Waspada! Ini Dia 5 Tempat Berisiko Tinggi Penularan Virus Corona
source: https://www.bloomberg.com/


Supermarket dan pasar akan menjadi tempat yang tidak tutup meskipun karantina wilayah diberlakukan. Di beberapa negara yang sudah menerapkan lockdown pun supermarket menjadi salah satu tempat yang masih dibuka karena ini menyangkut kebutuhan primer masyarakat. Namun, jika tidak diregulasi dengan baik, supermarket dan pasar akan menjadi tempat yang berisiko tinggi terhadap penyebaran virus. Jika kamu pergi ke pasar, setidaknya pastikan bahwa kamu menjaga jarak aman dengan orang lain.
 


5. Lift
 

Waspada! Ini Dia 5 Tempat Berisiko Tinggi Penularan Virus Corona
source: https://www.scmp.com/


Terakhir, waspadai penyebaran virus corona melalui media udara di mana ada kemungkinan virus corona masih dapat bertahan melayang-layang di udara selama beberapa waktu tertentu. Dengan begitu, ruangan sempit ber-AC dapat menjadi sangat berisiko. Salah satunya adalah lift di mana kamu akan berbagi ruangan kecil dengan orang lain. Tidak hanya itu, kamu juga tidak tahu siapa yang sebelumnya menggunakan lift.