1. Glukometer

Glukometer merupakan alat kesehatan yang digunakan untuk mengukur kadar gula darah. Bila kamu dan keluargamu memiliki masalah gula darah atau diabetes, maka sangat penting untuk memiliki alat ini agar bisa mengontrol darah setiap saat dan mencegah resiko gula darah naik tidak terkontrol. Namun, kini glukometer juga dapat digunakan untuk mengukur asam urat dan kolesterol.

1. Glukometer
source: https://freepik.com


 

2. Tensimeter

Tensimeter adalah salah satu alat kesehatan yang sebaiknya juga ada di rumahmu. Apalagi jika kamu memiliki tekanan darah tinggi atau darah rendah. Alat ini tentunya akan membantumu dalam memantau tekanan darah, meskipun di samping itu kamu harus tetap mengontrolnya ke dokter untuk pemeriksaan kesehatan rutin.

2. Tensimeter
source: https://freepik.com


 

baca juga

3. Termometer

Termometer merupakan alat kesehatan yang dapat mengukur suhu tubuh saat demam. Alat kesehatan yang satu ini memang harus ada di rumahmu untuk berjaga-jaga jika kamu dan anggota keluargamu terkena flu dan demam. Apalagi jika sedang musim hujan yang terkadang banyak orang rentan terkena virus demam. Hal ini juga sebagai tindakan pencegahan sebelum kamu memeriksakan diri ke dokter.

3. Termometer
source: https://freepik.com


 

4. Timbangan Berat Badan

Bukan hanya digunakan dalam program menurunkan berat badan saja, timbangan berat badan merupakan salah satu alat kesehatan yang memang harus ada di rumah. Hal ini sendiri sangat penting karena untuk mengetahui tanda-tanda kondisi kesehatan melalui berat badan. Jika berat badanmu naik drastis secara tiba-tiba, berarti menandakan adanya tekanan darah tinggi atau diabetes. Sedangkan jika berat badanmu turun tiba-tiba, bisa jadi itu menandakan adanya ketidakseimbangan hormon atau kondisi lainnya.

4. Timbangan Berat Badan
source: https://freepik.com


 

baca juga

5. Kotak P3K

Selain beberapa alat kesehatan di atas, kotak P3K merupakan salah satu alat kesehatan paling penting yang harus ada di rumahmu. Kotak ini sendiri berfungsi dalam menyimpan berbagai peralatan medis yang digunakan untuk pertolongan pertama. Biasanya kotak P3K berisi obat-obatan sederhana, obat luka, plester, kain kasa, masker, alcohol swab dan sebagainya.

5. Kotak P3K
source: https://freepik.com