Soto adalah makanan berkuah yang banyak dijual di rumah makan. Masing-masing daerah di Indonesia memiliki jenis soto yang berbeda. Perbedaan paling mencolok terletak pada kuahnya. Jika soto khas Jakarta memiliki kuah berwarna keruh karena terbuat dari santan. Berbeda dengan soto yang dijual di banyak daerah di pulau Jawa. Soto di daerah tersebut rata-rata berkuah bening. Berikut ini resep membuat soto kuah bening yang tidak kalah menarik untuk dicoba!

Cara Bikin Soto Ayam Kuah Bening Gurih dan Sederhana di Rumah
source: https://www.pexels.com

Terlebih dahulu, siapkan bahan untuk membuat soto, seperti daging ayam, daun bawang, tomat, bihun hingga bumbu yang dihaluskan.

baca juga
Cara Bikin Soto Ayam Kuah Bening Gurih dan Sederhana di Rumah
source: https://www.pexels.com

Kemudian, haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, merica dan kunyit. Manfaat kunyit adalah untuk menciptakan kuah soto bening dan berwarna kuning. Jangan lupa juga siapkan serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk.
 

Cara Membuat :


Cara Membuat :
source: https://www.pexels.com
  1. Sebelum merebus ayam menjadi kaldu, terlebih dahulu tumis bumbu. Matikan api setelah keluar aroma harum dari bumbu yang kamu tumis. 
  2. Siapkan air dalam panci. Masukkan ayam ketika air masih dingin. Tujuannya, agar pori-pori daging ayam terbuka dan kaldu keluar dengan maksimal. Bila ada busa yang mengapung, ambil dan buang karena merupakan kotoran.
  3. Setelahnya, tambahkan bumbu yang telah ditumis sebelumnya.
  4. Angkat daging ayam namun tetap didihkan kaldu dengan api kecil selama 1 jam.
  5. Goreng daging ayam, suwir-suwir
  6. Agar lebih nikmat, soto bisa disajikan bersama sambal.
baca juga

Cara Membuat Sambal :


Cara Membuat Sambal :
source: https://www.pexels.com
Bahan :
  • 10 buah cabai rawit merah5 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
Cara membuat :
  • Uleg cabai dan bawang putih hingga halus. Tambahkan garam secukupnya. Aduk hingga rata. Sajikan bersama soto sebagai pelengkap.
  • Tata bihun dan bahan pelengkap lain, seperti irisan kol, potongan tomat, irisan seledri, bawang goreng serta suiran ayam goreng. Guyur dengan kuah soto yang masih panas.
Nah, kini saatnya menikmati soto kuah bening bersama sambal dan irisan jeruk nipis.