Wabah virus corona tentu menjadi mimpi buruk bagi seluruh masyarakat Indonesia. Beragam daya dan upaya dilakukan oleh pemerintah untuk meminimalisir penyebaran COVID-19. Mulai dari pengaturan kebijakan untuk bekerja, belajar, dan ibadah di rumah, hingga mempertegas penerapan social distancing di antara masyarakat.

Namun, itu saja belum cukup. Kamu juga perlu memastikan bahwa asupan yang didapatkan setiap harinya memenuhi kebutuhan gizi agar fungsi metabolisme dan imunitas bisa lebih optimal. Nah, berikut ini adalah lima jenis pilihan makanan tinggi protein yang sehat dan murah untuk kamu jadikan opsi di saat harga bahan makanan naik. Yuk, intip!
 


1. Telur
 

Tidak Perlu Mahal, Sumber Protein Murah Ini Bisa Jadi Pilihanmu
source: https://cookieandkate.com/


Sumber protein murah pertama yang harus kamu coba adalah telur. Telur merupakan sumber protein murah berkualitas tinggi yang sangat bagus bagi tubuh. Nah, fakta lain yang harus kamu tahu tentang telur adalah lebih dari setengah protein telur ternyata berada dalam putih telur. Ini juga termasuk beragam kandungan vitamin seperti vitamin B2 dengan jumlah lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan kuning telur. Secara keseluruhan, telur merupakan sumber protein yang kaya selenium, vitamin D, B6, B12 dan mineral, seperti seng, besi dan tembaga.
 

baca juga


2. Tempe
 

Tidak Perlu Mahal, Sumber Protein Murah Ini Bisa Jadi Pilihanmu
source: https://veganlovlie.com/


Tempe merupakan salah satu sumber protein dari bahan kacang kedelai yang kaya akan nutrisi dengan jumlah protein yang tinggi. Sumber protein yang biasa menjadi pilihan untuk menu vegan ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral. Tidak hanya itu, mengonsumsi tempe juga dikatakan dapat menurunkan kadar kolesterol, stres oksidatif, serta meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan kesehatan tulang. Tempe memiliki kandungan prebiotik, yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan serta mengatasi inflamasi.
 


3. Tahu
 

Tidak Perlu Mahal, Sumber Protein Murah Ini Bisa Jadi Pilihanmu
source: https://www.wildundwunder.at/


Tidak lengkap jika hanya tempe. Ya, tahu juga merupakan salah satu sumber protein murah yang kaya akan gizi dan nutrisi. Tahu merupakan sumber protein yang mengandung sembilan asam amino esensial. Ini juga merupakan sumber nutrisi berharga seperti besi dan kalsium, serta mineral seperti mangan dan fosfor. Selain itu, tahu juga mengandung magnesium, tembaga, seng dan vitamin B1 yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
 

baca juga


4. Jamur
 

Tidak Perlu Mahal, Sumber Protein Murah Ini Bisa Jadi Pilihanmu
source: https://www.medicalnewstoday.com/


Semua jenis jamur yang dapat dimakan ternyata juga merupakan sumber protein yang tidak boleh untuk dilewatkan. Jamur mengandung berbagai macam nutrisi, seperti protein dan serat. Sumber protein nabati ini juga mengandung vitamin B serta antioksidan yang disebut selenium. Nah, mengonsumsi jamur sangat baik untuk membantu mendukung sistem imunitas tubuh serta mencegah kerusakan sel dan jaringan.
 


5. Ikan
 

Tidak Perlu Mahal, Sumber Protein Murah Ini Bisa Jadi Pilihanmu
source: https://www.jamieoliver.com/


Terakhir, ikan adalah protein berkualitas tinggi rendah lemak yang sangat baik bagi kesehatan. Ikan juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 serta vitamin seperti D dan B2 (riboflavin). Mengonsumsi ikan juga sangat penting bagi tubuh karena akan memberikan asupan kalsium dan fosfor, serta beragam mineral penting, seperti zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium.