Kepikiran nggak sih dengan arti warna darah menstruasi selama ini? Mengapa ya warna darah menstruasi antara wanita satu dan wanita lainnya enggak sama? Terkadang pula seorang wanita bisa mengalami siklus warna darah haid yang berbeda. Ternyata menurut kesehatan, warna darah menstruasi merupakan salah satu pertanda kondisi kesehatan seseorang. Supaya lebih jelasnya, yuk ketahui 5 arti darah menstruasi berikut ini.


 

1. Darah Hitam


Jangan khawatir dulu bila darah haid kamu berwarna hitam. Faktanya, darah haid yang berwarna hitam maupun coklat kegelap-gelapan merupakan pertanda bahwa siklus menstruasi akan segera berakhir. Darah hitam sendiri merupakan darah sisa-sisa menstruasi bulan lalu. 

1. Darah Hitam


 

baca juga

2. Orange


Darah haid yang berwarna orange merupakan pertanda bahwa terjadi infeksi bakteri pada rahim. Jangan biarkan kondisi ini terjadi terus-menerus. Segera konsultasikan ke dokter bila terjadi siklus seperti ini. Kemungkinan juga kamu mengalami infeksi seksual menular bila kondisi ini kamu alami.

2. Orange


 

3. Merah Kehitaman


Bila darah menstruasi berwarna merah kehitaman terjadi di tengah-tengah siklus haid, segera saja memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat. Darah berwarna merah kehitaman menandakan terjadinya suatu penyakit. Dapat pula dikatakan bahwa darah merah kehitaman merupakan tanda penyakit kanker. Tetapi jangan keburu menyimpulkan bahwa ini merupakan pertanda penyakit tersebut. Terdapat gejala lain yang juga menyertai seperti kelelahan, nyeri pinggul yang tak tertahankan dan susah buang air kecil atau besar. 

3. Merah Kehitaman


 

baca juga

4. Merah Tak Pekat


Ketika warna darah haid berwarna merah tak pekat, maka ini tandanya kamu kekurangan asupan estrogen dalam tubuh. Hal ini merupakan suatu hal yang wajar dialami banyak wanita. Jangan khawatir karena ini bukan merupakan tanda suatu penyakit.

4. Merah Tak Pekat


 

5. Abu-Abu


Darah haid berwarna abu-abu memang jarang terjadi di banyak wanita. Namun, beberapa wanita mengalami darah haid berwarna ini. Segeralah periksakan diri ke dokter ketika kamu mendapatkan darah abu-abu. Kemungkinan terjadi infeksi pada Miss V yang ditandai dengan gejala nyeri pinggul serta gatal-gatal yang tak tertahankan di sekitar mulut vagina.

5. Abu-Abu