Bagi anak kost yang sedang melakukan social distance untuk mengurangi risiko paparan virus corona atau COVID-19, tentu memikirkan makanan yang akan dikonsumsi sehari-hari akan cukup menyulitkan. Beragam pilihan makanan ala anak kost seperti makanan kaleng biasanya akan sangat bisa diandalkan. Nah, salah satunya adalah ikan sarden kaleng. Tidak hanya bergizi, sarden juga praktis untuk disajikan. Sayangnya, terkadang kita akan mudah merasa bosan jika harus mengonsumsi sarden dengan sajian yang itu-itu saja. Untuk itu, simak ulasan mengenai kreasi masakan olahan ikan sarden kaleng berikut ini.
 


1. Sarden Asam Manis
 

Enak! Yuk, Coba Kreasi Masakan Olahan Ikan Sarden Kaleng Berikut Ini
source: https://cookpad.com/


Membeli ikan segar mungkin akan sedikit menyulitkan di musim penyakit seperti sekarang. Apalagi sebagai tempat umum, pasar kemungkinan akan dibatasi kunjungannya sehingga tidak bisa didatangi sesuka hati. Namun, kamu tetap bisa makan enak dengan mengolah sarden kaleng menjadi sarden asam manis. Kamu hanya perlu membuat bumbu halus dari bawang merah, bawang putih, terasi, garam, dan kemiri yang disangrai. Lalu masukkan ikan sarden serta beragam bahan lain seperti tomat, daun bawang, dan daun jeruk untuk rasa yang lebih menyegarkan.
 

baca juga


2. Sarden Goreng Tepung
 

Enak! Yuk, Coba Kreasi Masakan Olahan Ikan Sarden Kaleng Berikut Ini


Tidak hanya olahan ikan basah, sarden juga bisa kamu masak menjadi olahan ikan kering dengan cara menggorengnya. Caranya sangat mudah dan praktis. Kamu hanya perlu melumuri bagian luar ikan sarden dengan kocokan telur. Kemudian, bubuhi dengan tepung, garam, dan ladadan . Terakhir, goreng ikan hingga matang.
 


3. Pasta Sarden
 

Enak! Yuk, Coba Kreasi Masakan Olahan Ikan Sarden Kaleng Berikut Ini
source: https://www.grid.id/


Bosan dengan menu sarden dengan nasi yang itu-itu saja? Cobalah nikmati olahan sarden ala restoran dengan membuat pasta sarden. Caranya sama seperti saat kamu ingin membuat pasta pada umumnya. Namun, kali ini kamu menggunakan sarden kaleng sebagai toppingnya. 
 

baca juga


4. Sambal Sarden
 

Enak! Yuk, Coba Kreasi Masakan Olahan Ikan Sarden Kaleng Berikut Ini
source: https://lifestyle.okezone.com/


Jika kamu adalah pecinta pedas, tentu mengolah sambal akan menjadi sebuah kewajiban untuk menyempurnakan menu makananmu. Nah, cobalah untuk membuat olahan sambal yang lebih bergizi dengan membuat sambal sarden. Kamu hanya perlu membuat sambal sesuai dengan preferensimu, baik itu sambal terasi, sambal ijo, atau sambal bawang. Kemudian, campur dengan ikan sarden kaleng yang kamu miliki.