Kelangkaan Produk Sanitizer


Kelangkaan Produk Sanitizer
source: https://www.topsante.com/medecine/environnement-et-sante/perturbateur-endocrinien/faut-il-se-mefier-des-gels-hydroalcooliques-618602

Penyebaran virus Corona yang semakin mengkhawatirkan membuat produk-produk sanitizer semakin banyak diincar dan akhirnya terjadi kelangkaan. Hal ini terbukti dengan menipisnya stok barang-barang tersebut di pasaran sehingga sulit ditemukan. Sebut saja masker yang sempat jadi bahan perbincangan karena langka dan harganya naik drastis. Selain itu, produk hand sanitizer juga tidak luput dari incaran konsumen.

Ya, pembersih berbasis alkohol seperti Hand sanitizer memang cukup efektif digunakan sebagai bagian dari upaya mencegah virus korona. Tapi, bagaimana jika kamu benar-benar kehabisan stok? Nah, kamu tidak perlu khawatir lagi. Dilansir dari femaledaily.com, secara resmi BPOM merilis resep pembuatan hand sanitizer yang bisa dibuat sendiri.

Syarat Agar DIY Hand Sanitizer Efektif


Syarat Agar DIY Hand Sanitizer Efektif
source: https://editorial.femaledaily.com/blog/2020/03/16/begini-cara-membuat-hand-sanitizer-buatan-sendiri/
Terdapat beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan agar hand sanitizer buatan sendiri benar-benar dapat membunuh kuman dan juga virus. BPOM sendiri menganjurkan untuk menggunakan alkohol sebanyak 60 hingga 90%. Ini juga merupakan proporsi yang dihancurkan oleh U.S Centers for Disease Control and Prevention (CDG). Tidak perlu ragu untuk membuat hand sanitizer baik itu dalam jumlah besar maupun kecil, asalkan tetap sesuai dengan resep yang secara resmi dikeluarkan oleh pihak yang kredibel.

Tidak diperbolehkan juga merubah resep hanya karena 1 atau 2 bahan yang dibutuhkan tidak ada. Gunakanlah resep yang benar-benar original agar hand sanitizer yang dihasilkan efektif untuk membunuh kuman dan juga virus. Jangan lupa juga untuk menjaga kualitasnya dengan cara menyimpan dalam wadah tertutup dan menjauhkan dari jangkauan anak-anak.
baca juga

Membuat Hand Sanitizer Sendiri


Membuat Hand Sanitizer Sendiri
source: https://editorial.femaledaily.com/blog/2020/03/16/begini-cara-membuat-hand-sanitizer-buatan-sendiri/
Adapun pembuatan hand sanitizer berdasarkan surat edaran dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dengan Nomor KP.11.01.2.83.20.14 pada 11 Maret 2020 lalu ialah sebagai berikut:
 
Alat yang Dibutuhkan:
  1. Becker glass
  2. Gelas ukur 25-mL
  3. Gelas ukur 50-mL
  4. Gelas ukur 1000-mL
  5. Botol kaca
  6. Batang pengaduk
Langkah-Langkah Pembuatan:
  1. Masukkan 833 mL etanol 96% ke dalam gelas ukur 1000-mL
  2. Selanjutnya tambahkan 41-mL hidrogen peroksida 3% ke dalam gelas ukur yang sudah berisi etanol sebelumnya
  3. Tambahkan 14,5-mL gliserol 98% menggunakan acuan gelas ukur serta pastikan bahwa sisa gliserol tidak tertinggal. Kamu Bisa membalasnya dengan air.
  4. Air sampai Rp1.000 mL, lalu aduk hingga menyatu
  5. Pindahkan campuran ke dalam botol kaca yang sudah bersih
  6. Simpan lah selama 72 jam guna memastikan tidak ada kontaminasi organisme yang berasal dari wadah botol
  7. Hand sanitizerpun siap untuk digunakan.