Minuman Olahraga Alami

Minuman Olahraga Alami
source: https://image.freepik.com

Elektrolit alami pada air kelapa membuatnya sangat cocok untuk minuman olahraga tradisional. Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa dapat membuat kamu terhidrasi kembali karena mengeluarkan keringat setelah berolahraga.

Manfaat air kelapa ini adalah untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuhmu. Air kelapa mengandung natrium sebagai elektrolit utama yang dibutuhkan tubuh yang hilang bersama keringat yang keluar. Cukup minum air kelapa murni saja tanpa tambahan apapun, ya.

Mengurangi Tekanan Darah

Mengurangi Tekanan Darah
source: https://image.freepik.com

Manfaat air kelapa selanjutnya adalah membantu menurunkan tekanan darah dan berpotensi mengurangi risiko pembentukan gumpalan darah di arteri. Hal ini karena air kelapa memiliki aktivitas anti-trombotik yang dapat mencegah pembentukan gumpalan darah. Air kelapa mengandung 600 mg potasium dalam 8 ons (240 ml) yang kalium sendiri telah terbukti menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi atau normal.

baca juga

Membantu Mencegah Batu Ginjal

Membantu Mencegah Batu Ginjal
source: https://image.freepik.com

Minum cukup cairan penting untuk pencegahan batu ginjal. Meskipun air biasa adalah pilihan yang baik, sebuah penelitian menunjukkan bahwa air kelapa mungkin lebih baik. Tapi, bukan berarti kamu dapat mengganti asupan air dengan air kelapa, ya.

Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat dan senyawa lainnya bergabung membentuk kristal dalam urin yang kemudian dapat membentuk batu. Dalam sebuah penelitian, air kelapa mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Hal ini juga mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urin.

Membantu Melawan Diabetes

Membantu Melawan Diabetes
source: https://image.freepik.com

Air kelapa juga bermanfaat untuk membantu melawan diabetes. Studi menunjukkan bahwa air kelapa dapat meningkatkan kontrol gula darah. Hal ini karena air kelapa adalah sumber magnesium yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2 dan prediabetes. 

baca juga

Memiliki Sifat Antioksidan

Memiliki Sifat Antioksidan
source: https://image.freepik.com/

Air kelapa mengandung antioksidan yang melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang diproduksi di sel selama metabolisme. Produksi mereka meningkat sebagai respons terhadap stres atau cedera. Ketika ada terlalu banyak radikal bebas, tubuh memasuki keadaan stres oksidatif yang dapat merusak sel-sel dan meningkatkan risiko penyakit.