Seseorang yang mengalami demam biasanya suhu tubuh mereka sedang tinggi melebihi 38°C. Selain denyut nadi, tekanan darah dan laju pernapasan, suhu tubuh manusia juga termasuk yang harus diperhatikan. Suhu tubuh seseorang akan berubah disesuaikan dengan kondisi lingkungan mereka. Saat mengalami kondisi suhu tubuh yang tinggi itu bukanlah suatu penyakit, melainkan sebuah tanda atau gejala dari penyakit tertentu atau tidak.

Suhu tubuh setiap orang berubah-ubah, saat malam hari kemungkinan suhu tubuh manusia rendah, sedangkan saat sore hari suhu tubuh manusia akan lebih tinggi dibandingkan saat pagi hari. Jika ingin memeriksakan suhu tubuh kamu, bisa periksa sendiri dengan menggunakan alat termometer. Selain hal-hal di atas, Beautynesia mau kasih tau ke kalian apa saja yang harus diketahui tentang suhu tubuh manusia. Telah dirangkum dari berbagai sumber, inilah yang harus kamu ketahui.
 

Suhu Tubuh Normal Manusia

Suhu Tubuh Normal Manusia

Banyak orang yang mengatakan bahwa suhu tubuh normal manusia adalah 37°C, padahal suhu tubuh dikatakan normal itu enggak selalu berada di titik yang tepat. Dari beberapa hasil studi menunjukkan, suhu normal manusia itu berada dikisaran 36,1°C hingga 37,2°C. Seorang dokter bernama Carl Wunderlich, mengelompokkan rata-rata ukuran suhu tubuh normal berdasarkan kelompok usianya, sebagai berikut:

  • Bayi: 36,3°C – 37,7°C,
  • Anak-anak: 36,1°C – 37,7°C,
  • Dewasa: 36,4°C – 37,5°C.

Suhu tubuh yang normal juga bisa berubah-ubah sepanjang hari, hal ini tergantung beberapa hal, seperti aktivitas yang dilakukan, apa yang dikonsumsi, siklus menstruasi bagi wanita hingga usia. Seiring bertambahnya usia manusia, itu juga membuat suhu tubuh cenderung menurun terus menerus. Dari hasil sebuah studi juga mengungkapkan, orang-orang lanjut usia memiliki suhu tubuh yang lebih rendah dibandingkan standar yang sudah disebutkan di atas.
 
Hasil studi juga mengungkapkan saat seorang lanjut usia sedang sakit, suhu tubuh mereka tidak naik mencapai suhu yang dianggap kondisi demam (melebihi 37°C). Tetapi jika seorang lansia dengan suhu tubuh yang terlalu rendah (di bawah 35°C), itu bisa pertanda gejala penyakit tertentu.
 

baca juga

Cara Mengukur Suhu Tubuh

Cara Mengukur Suhu Tubuh

Tidak perlu repot pergi ke dokter, untuk memeriksakan suhu tubuh kamu bisa menggunakan alat termometer. Karena itu, termometer memiliki peran yang sangat penting dan harus selalu tersedia di rumah. Untuk mengukurnya bisa menggunakan termometer digital, dengan cara mengapit termometer di ketiak selama 5 menit atau sampai termometer berbunyi. Alat ini dianggap akurat dan bisa menunjukkan hasil yang tepat dan cepat.
 

Cara Menjaga Suhu Tubuh Tetap Normal

Cara Menjaga Suhu Tubuh Tetap Normal

Jika cuaca sedang panas, kamu harus banyak minum untuk menghidrasi diri karena dengan cara ini dapat membantu tubuh untuk mendinginkan. Selalu berada di tempat dengan suhu dingin juga membantu suhu tubuh tetap normal. Saat cuaca panas tubuh pasti akan merasa panas dan gerah, kamu bisa mandi atau berenang untuk menghilangkan hawa panas pada tubuh.
 
Sedangkan saat cuaca dingin, konsumsilah makanan yang banyak untuk mempertahankan suhu tubuh yang normal dan menjaga kadar gula darah pada tubuh. Saat cuaca dingin, tubuh kamu juga memerlukan asupan cairan.
 

baca juga

Periksakan ke Dokter saat Suhu Tubuh Sudah Tidak Normal

Periksakan ke Dokter saat Suhu Tubuh Sudah Tidak Normal

Jika kamu mengalami perubahan suhu yang tidak normal dan sudah berlangsung cukup lama, seperti demam. Lebih baik kamu segeralah periksakan ke dokter, karena demam itu terjadi sebagai reaksi dari sistem kekebalan tubuh terhadap kondisi tertentu. Misalnya, tanda atau gejala dari penyakit atau infeksi tertentu.
 
Suhu tubuh dianggap demam dan memerlukan pemeriksaan dokter, untuk anak bayi saat suhu tubuh mencapai 37°C, untuk anak-anak 38°C dan untuk orang dewasa saat suhu tubuhnya mencapai 40°C.