1. Kecombrang

image source: Instagram/anitajoyo

Bunga kecombrang yang dikenal pula dengan nama honje, kincung, kantan, atau sambuang ini merupakan tanaman rempah. Di Indonesia, bunga kecombrang sering dijadikan pelengkap pada masakan seperti laksa medan dan gulai. Adapun bagi kesehatan, bunga ini bermanfaat untuk mengobati penyakit kulit, melancarkan ASI, membersihkan darah, menghilangkan bau tidak sedap, menguatkan tulang dan gigi, meningkatkan fungsi otak, hingga mencegah dehidrasi.
 

2. Bunga Turi

image source: Twitter/arieparikesit

Bunga turi merupakan edible flower yang familiar ditemui di Indonesia. Terutama di beberapa daerah di Pulau Jawa, bunga turi biasa dijadikan lalapan pelengkap pecel. Untuk kesehatan, bunga turi dapat digunakan untuk mengobati sariawan, yaitu dengan berkumur-kumur dengan air rebusan bunga turi. Tak hanya itu, bunga turi juga dapat mengobati rabun senja, mengatasi disentri, melancarkan ASI, mengatasi demam, sakit kepala, batuk dan pilek.
 

baca juga

3. Kembang Sepatu

image source: agroday.com.ua

Rasanya seperti buah cranberry dengan sedikit sensasi lemon. Kembang sepatu paling sering dikonsumsi dengan cara dikeringkan lebih dulu untuk kemudian diseduh sebagai teh herbal. Kelopak kembang sepatu yang masih segar juga bisa dijadikan manisan atau ditambahkan ke salad. Anthocyanin dan antioksidan yang terkandung dalam bunga ini diyakini mampu mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol.
 

4. Rosella

image source: tyrantfarms.com

Sejak lama, rosella jadi konsumsi sebagai pengobatan herbal, paling sering diseduh sebagai teh. Kelopak bunga ini mengandung zat yang diperlukan tubuh, yaitu vitamin C, vitamin A, protein esensial, kalsium, dan 18 jenis asam amino, termasuk arginina dan legnin yang berfungsi meremajakan sel tubuh. Mengonsumsi rosela juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, sebab terbukti mengurangi jumlah plak yang menempel pada dinding pembuluh darah.
 

baca juga

5. Mawar

image source: olivemagazine.com

Semua jenis bunga mawar termasuk ​​​​​jenis bunga yang bisa dimakan. Rasanya seperti stroberi dan apel hijau. Biasanya, kelopak bunga mawar dikeringkan kemudian di jadikan teh atau manisan. Atau, kelopak yang lebih besar dapat dijadikan taburan dessert atau salad. Selain itu air mawar (rose water) yang dibuat dari minyak esensial dari kelopak bunga mawar juga dijadikan bahan resep dessert seperti baklava di Ottoman.
 

6. Lilac

image source: ouremptynest.net

Bunga lilac punya cita rasa manis dengan sensasi lemon yang ringan. Bunga ini bisa ditemukan saat musim semi dan paling nikmat disantap sebagai salad. Namun demikian, bunga ini juga bisa jadi bahan menu makanan yang lain seperti es krim, sorbet, selai, campuran minuman, manisan, dan sebagai garnish.
 

7. Nasturtium

image source: thrfun.com

Warnanya yang menarik dan bentuknya yang mungil dengan 5 kelopak, banyak chef yang tertarik menggunakan bunga nasturtium sebagai campuran salad atau diaduk dengan mentega. Bunga yang masuk keluarga kubis ini rasanya renyah, sedikit pahit dan pedas. Agar rasanya tidak terlalu pahit, benang sari kecil yang ada di dalam bunga biasanya dibuang.

Setelah dicuci dan dilap hingga kering, kelopak bunga segar ini siap dimakan langsung atau diolah lagi. Sebagai hiasan kue, bunga dari Amerika Selatan ini bisa ditaruh begitu saja, bisa juga dicelupkan dalam putih telur lalu dibalut gula pasir dan dikeringkan sehingga tampilannya seperti bunga kristal.

8. Bunga Zukini

image source: cbc.ca

Bunga-bunga kuning cerah dari tanaman cukini atau zucchini ini rasanya lembut dan sedikit manis. Bunga zukini yang juga dikenal dengan nama squash blossom ini terkenal di menu makanan Meksiko dan juga sup Flor de Calabasa di Italia. Bunganya dimemarkan terlebih dahulu kemudian dikeringkan.

9. Bunga Saffron

image source: popsiclesociety.com

Bunga yang tumbuh di iklim sedang dan tropis ini kaya akan zat-zat yang bermanfaat untuk anti kanker, anemia, menunda penuaan dini, hingga menghilangkan jerawat. Rasa bunganya seperti rasa rumput yang ditambahkan madu, dan biasa dibuat menjadi campuran puding, paella, dan biryani.

10. Kalendula

image source: greensideup.ie

Tak hanya bagus untuk kulit, bunga kalendula yang sering ditemui pada kandungan produk skincare ini juga merupakan jenis bunga yang bisa dikonsumsi. Sering disebut sebagai "poor man's saffron", bunga kalendula rasanya memang seperti saffron ketika ditumis dalam minyak zaitun. Bunga yang juga dikenal dengan nama pot marigold ini dapat digunakan sebagai campuran isian deviled egg, makanan pembuka yang berupa telur rebus dengan isian pasta.

Itu tadi sepuluh jenis bunga yang bisa dikonsumsi. Tak hanya indah, bunga-bunga ini juga dapat menambah rasa dalam beragam kudapan sehari-hari.