Untuk membuat makanan enak, tentunya butuh waktu yang enggak sebentar. Tapi siapa sangka kalau beberapa makanan ini butuh waktu pembuatan yang sangat lama. Mulai dari hitungan jam hingga hitungan minggu. Penasaran makanan apa saja? Apakah proses yang lama dalam pembuatan makanan lezat ini membuatnya memiliki rasa nikmat yang worth it?


 

Rendang

Rendang
source: https://www.romadecade.org

Rendang telah terpilih sebagai makanan paling enak di dunia yang dirilis oleh CNN di tahun 2017 lalu. Kuliner lokal ini memang telah diakui kelezatannya oleh orang-orang di seluruh dunia. Rendang dibuat dengan bahan dasar daging yang dimasak dengan santan dan berbagai rempah.

Tapi tahu enggak Ladies, supaya semua bumbu bisa meresap hingga ke dalam lapisan daging dan menghasilkan rasa yang sedap, ternyata dibutuhkan waktu hingga 5 jam untuk proses pembuatan rendang. Wah, enggak heran ya kalau rasa daging rendang memang sangat kuat dan dagingnya lembut. 
 

baca juga

Kimchi

Kimchi
source: https://www.platingsandpairings.com

Buat penggemar drama Korea pasti sudah tidak asing dengan makanan ini. Kimchi adalah makanan tradisional Korea yang biasa disajikan sebagai pelengkap hidangan. Kimchi bisa dibuat dari berbagai bahan, tapi yang paling umum adalah sawi yang difermentasi dan ditambah bumbu seperti bawang, garam, cuka, cabai, dan berbagai campuran lain.

Karena dibuat dengan cara fementasi, kimchi punya kombinasi rasa asam dan pedas yang menyegarkan. Untuk menciptakan sensasi rasa ini, ternyata butuh proses fermentasi yang tidak sebentar. Proses membuat kimchi dari awal proses membersihkan sawi, membumbui, hingga fermentasi membutuhkan waktu setidaknya 2 minggu. Wah, lama banget ya, Ladies?
 

Dodol

Dodol
source: https://pergikuliner.com

Kalau kamu liburan ke banyak tempat di Indonesia, camilan sekaligus oleh-oleh yang banyak ditemui adalah dodol. Dodol memang sekilas terlihat sebagai makanan yang sederhana. Tapi siapa sangka kalau proses pembuatannya memakan waktu sampai 4 jam! Proses pembuatan dodol bisa sangat lama karena dodol perlu diaduk hingga benar-benar lembut.

Nah, proses pengadukan inilah yang memakan waktu paling lama. Adonan dodol harus diaduk terus menerus supaya tidak meluap setelah mendidih. Setelah proses pengadukan selesai, adonan akan didinginkan di atas wadah besar, dipotong-potong, barulah siap dikemas. Dodol biasanya ditambah berbagai rasa agar lebih lezat, seperti dodol durian, dodol nangka, hingga dodol jahe.
 

baca juga

Kue 8 Jam

Kue 8 Jam

Kamu masih asing dengan nama kue ini? Meskipun jarang diketahui orang, tapi kue 8 jam adalah makanan khas Palembang yang unik banget nih, Ladies. Sesuai namanya, kue ini memang membuhkan waktu hingga 8 jam untuk dibuat.

Kue 8 jam biasanya dihidangkan pada acara-acara khusus, misalnya pada acara adat. Kue 8 jam terbuat dari bahan dasar telur. Kue ini harus dikukus dengan api kecil selama 8 jam hingga teksturnya lembut dan siap dimakan. Jadi penasaran ya dengan rasa kue ini.