Banyak cara untuk menurunkan berat badan. Jika kamu termasuk yang menghindari cara instan dengan risiko bahayanya, cobalah mulai memasukkan brokoli dalam daftar bahan untuk menu sarapan.

Sayuran berwarna hijau dengan tekstur renyah itu termasuk dalam makanan sehat yang sangat dianjurkan bagi pelaku diet. Kelebihannya sangat baik untuk kesehatan serta lebih efektif untuk membantu mengurangi berat badan.

1. Rendah Kalori


1. Rendah Kalori
source: https://www.kueresep.com

Makanan dengan kadar kalori rendah memang selalu menjadi anjuran untuk dikonsumsi ketika menjalani diet. Brokoli masuk dalam daftar makanan rendah kalori dengan kadarnya yang hanya berada di angka 34. Sedangkan satu mangkuk brokoli hanya mengandung 60 kalori. Tentu itu adalah jumlah yang sangat tepat untuk disantap ketika sarapan.

Kamu tidak harus takut kalori akan tertimbun dalam tubuh. Bahkan kamu tak perlu memusingkan cara untuk membakar kalori tersebut karena memang kadarnya tidak berlebihan.

baca juga

2. Kaya Serat


2. Kaya Serat
source: https://www.thammyviennevada.com/

Kelebihan lainnya, brokoli adalah sayuran hijau yang tinggi serat. Dalam 100 gram brokoli, terdapat kandungan serat sebanyak 2,6 gram. Dengan serat yang mencukupi kebutuhan tubuh, sistem pencernaan akan berfungsi dengan baik sehingga tidak akan membuat perut jadi buncit. Buang air besar juga menjadi lancar tanpa risiko sembelit. Serat pada brokoli juga akan memperlambat metabolisme gula dalam darah sehingga kadarnya akan terkendali.

3. Banyak Mengandung Air


3. Banyak Mengandung Air
source: https://www.khasiatbrokoli.blogspot.com/

Brokoli termasuk sayuran dengan kadar air yang cukup banyak yaitu sebesar 90%. Bersama dengan kandungan seratnya yang juga tinggi, brokoli akan menghasilkan rasa kenyang lebih lama. Kamu akan terhindar dari keinginan menambah porsi makan atau mengonsumsi camilan jika memakan brokoli sebagai menu sarapan pagi. Kamu tidak akan merasakan diet yang menyiksa karena mengonsumsi brokoli bisa menekan rasa lapar.

baca juga

4. Tinggi Nutrisi


4. Tinggi Nutrisi
source: https://www.steemit.com/

Dalam brokoli pula terkandung banyak nutrisi penting yang akan membantu penurunan berat badan jadi lebih efektif. Salah satunya adalah kalsium yang bisa mengurangi produksi lemak serta mengurai persediaan lemak dalam tubuh.

Brokoli juga mengandung zat besi, mangaan, magnesium, zinc dan sodium yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Aroma tajam dari brokoli adalah hasil dari kandungan mineralnya yang cukup banyak.

5. Bisa Dijadikan Berbagai Olahan


5. Bisa Dijadikan Berbagai Olahan
source: https://www.resepkoki.id/

Cara paling umum mengonsumsi brokoli tanpa mengurangi nutrisinya adalah dengan direbus atau dikukus. Tidak hanya itu, kamu bisa berkreasi menciptakan berbagai resep dari sayuran hijau tersebut. Brokoli bisa dicampurkan pada salad, sup atau omelet. Jika kamu ingin cara yang berbeda, brokoli bisa dijadikan jus bersama jeruk lemon atau wortel. Sebaiknya gunakan brokoli segar yang telah dicuci bersih untuk diolah menjadi jus segar.