Memang tipe kulit sensitif tidak dapat sembarangan menggunakan produk kecantikan maupun perawatan kulit. Tidak semua produk dapat diterima oleh jenis kulit ini. Asal menggunakan kosmetik justru dapat memicu munculnya masalah baru. Perawatan yang dilakukan juga berbeda tergantung dari tanda kemunculannya. Oleh kerana itu, Ladies perlu mengenali tanda kulit sensitif berikut ini.


 

Muncul Ruam-ruam

Ruam atau benjolan merah kecil kerap kali muncul pada kulit sensitif. Tanda ini biasanya dipicu oleh pembersihan muka yang kurang tepat. Bisa jadi juga karena tidak cocok dengan produk krim atau gel. Jika Ladies ingin menggunakan produk baru, sebaiknya coba oleskan produk tersebut di lengan bagian bawah. Tunggu hingga satu atau dua hari untuk melihat reaksinya. Jika kulit pada lengan bawah tidak menunjukkan tanda apapun artinya produk tersebut bisa diterapkan pada wajah.

Muncul Ruam-ruam


 

baca juga

Kulit Kemerahan

Tanda ini paling umum terjadi pada kulit yang terlalu sensitif. Ketika tidak cocok dengan lingkungan atau suatu produk, kulit akan langsung berubah kemerahan. Ladies yang memiliki kulit sensitif parah seperti ini, sangat disarankan untuk beralih pada perawatan kulit secara alami. Hindari penggunaan produk yang mengandung bahan kimia terlalu tinggi. Sebaiknya gunakan produk herbal.

Kulit Kemerahan


 

Permukaan Kulit Terasa Gatal

Sering muncul rasa gatal dapat disebabkan oleh kulit sensitif yang tidak tahan dengan alergen. Bisanya terjadi karena kulit alergi terhadap kandungan yang terdapat pada produk kosmetik atau skincare. Hindari perawatan kulit sensitif dengan produk berbahan kimia karena dapat memicu gatal, iritasi, dan infeksi. Perlu diperhatikan, jangan menggaruk bagian yang gatal terlalu kasar agar tidak menimbulkan masalah yang lebih parah.

Permukaan Kulit Terasa Gatal


 

baca juga

Timbul Beruntusan

Beruntusan merupakan tanda yang paling jelas pada kulit sensitif. Tanda ini muncul karena kulit kekurangan kelembapan, sehingga kulit memproduksi minyak berlebih. Kondisi ini dapat memicu timbulnya beruntusan, komedo, atau jerawat. Untuk menghindari masalah ini, gunakan produk dengan bahan kimia ringan sekaligus dapat memerangi bakteri penyebab jerawat.

Timbul Beruntusan


 

Sengatan Kulit Seperti Luka Bakar

Kulit terasa perih dan muncul seperti luka bakar. Masalah ini biasanya muncul pada kulit sensitif yang tidak cocok dengan tabir surya atau foundation. Kulit dapat bereaksi lebih buruk lagi jika produk mengandung alkohol cukup tinggi. Hindari pemakaian kosmetik yang mengandung bahan tersebut. Lakukan perawatan kulit secara alami, misalnya menggunakan gel dari lidah buaya.


 

Ladies yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya rutin melakukan perawatan kulit secara alami untuk mengurangi reaksi yang berlebihan pada kulit. Pasalnya tanda kulit sensitif lebih sering muncul akibat produk yang tidak sesuai dengan kulit.