Retinol

Bahan pertama yang harus dihindari oleh pemilik jenis kulit sensitif adalah retinol. Bahan yang satu ini akan memicu kemerahan dan membuat kulit akan mengelupas. Bahkan, bahan ini bisa sangat keras bagi kamu yang kulitnya sensitif. Sebagai alternatif, kamu bisa memilih produk yang mengandung bakuchiol. Kedua bahan ini bekerja baik di malam hari. Jadi, gunakanlah krim malam, masker, serum atau skincare lainnya yang mengandung kedua bahan ini sebelum kamu tidur.

Retinol

Fragrance

Selain retinol, bahan lainnya yang juga enggak baik untuk jenis kulit sensitif adalah fragrance atau pewangi. Pewangi biasanya mengandung bahan kimia yang dapat mengiritasi kulitmu. Oleh sebab itu, perhatikanlah komposisi dalam produk tersebut sebelum memilihnya. Pilihlah produk kecantikan yang berlabel fragrance-free untuk mencegah kulitmu dari iritasi.

baca juga

Minyak Esensial

Perlu diketahui, enggak semua produk kecantikan yang berlabel organik atau alami karena memiliki kandungan minyak esensial itu aman buat kamu yang memiliki kulit sensitif, lho! Jadi sebaiknya hindari produk dengan kandungan ini ya, Ladies. Alasannya karena kadar pH asam dari beberapa ekstrak tanaman seperti jeruk dan mint juga peppermint cenderung membuat kulit menjadi iritasi.

Minyak Esensial

Benzoil Peroksida

Kandungan yang satu ini ada dalam produk obat jerawat. Namun, seorang ahli bernama Kenneth Howe, M.D., menjelaskan bahwa bahan ini enggak bisa digunakan oleh semua orang khususnya para pemilik jenis kulit sensitif. Apabila terpapar bahan ini, kulit yang sensitif justru akan menjadi kasar. Sebagai pengganti, kamu bisa memilih produk yang mengandung asam azelaic yang juga mampu mengatasi jerawat di wajahmu.

Benzoil Peroksida
baca juga

Alkohol

Alkohol juga kandungan yang wajib kamu hindari nih, Beautynesian! Hal ini karena kandungan alkohol yang terdapat dalam skincare dapat membuat kulitmu menjadi kering dan memengaruhi peremajaan. Nah, produk yang biasanya memiliki kandungan alkohol adalah toner serta krim wajah. Jika kamu memiliki jenis kulit sensitif, hindarilah kandungan ini dalam produk kecantikanmu karena alkohol dapat membuat kulitmu menjadi iritasi bahkan menimbulkan rasa gatal.