Banyak orang salah mengira bahwa pria memiliki risiko yang lebih besar terserang penyakit jantung dibandingkan dengan wanita. Padahal, kenyataannya penyakit jantung adalah penyebab kematian sangat umum bagi wanita. Tidak hanya itu, beberapa gejala penyakit jantung pada wanita dapat berbeda dari pada pria. Itulah sebabnya, penting bagi kita untuk selalu mewaspadai gejala dan risiko penyakit jantung yang mengintai kapan pun dan dimana pun. 
 

Waspada! Ini Dia Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita dan Cara Mengatasinya
source: https://www.medicalnewstoday.com/


Gejala Serangan Jantung pada Wanita

Gejala penyakit jantung pada wanita yang paling umum sebenarnya bisa dikatakan sama seperti yang terjadi pada pria, seperti rasa nyeri pada dada dan adanya tekanan atau ketidaknyamanan yang berlangsung lebih dari beberapa menit. Namun, nyeri pada dada tidak selalu parah atau bahkan tampak kurang mencolok pada wanita. Di sisi lain, wanita yang memiliki penyakit jantung sering merasakan tekanan dan nyeri di dada seperti sesak. Dengan kata lain, wanita sangat mungkin memiliki risiko penyakit jantung tanpa benar-benar merasakan nyeri pada dada.
 

Waspada! Ini Dia Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita dan Cara Mengatasinya
source: https://centralgaheart.com/
baca juga


Nah, berikut ini adalah beberapa gejala penyakit jantung yang dimiliki wanita dan biasanya tidak muncul pada pria:

  • Leher, rahang, bahu, punggung bagian atas atau perut terasa tidak nyaman
  • Sesak nafas
  • Nyeri pada salah satu satu atau kedua lengan
  • Mual atau muntah
  • Berkeringat
  • Sakit kepala ringan
  • Pusing
  • Rasa lelah yang tidak biasa
  • Gangguan pencernaan

 

Waspada! Ini Dia Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita dan Cara Mengatasinya
source: https://health.clevelandclinic.org/

Gejala-gejala ini mungkin tidak terlalu mudah diperhatikan karena sama seperti gejala-gejala sakit pada umumnya. Nyeri dada yang berbeda pada pria dan wanita yang mengalami serangan jantung disebabkan oleh kecenderungan wanita yang mengalami penyumbatan tidak hanya di arteri utama, tetapi juga di pembuluh yang lebih kecil yang memasok darah ke jantung. Ini menjadi salah satu kondisi yang disebut sebagai penyakit jantung pembuluh kecil atau penyakit mikrovaskular koroner.
 

Waspada! Ini Dia Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita dan Cara Mengatasinya
source: https://nortonhealthcare.com/
baca juga


Faktor Risiko Penyakit Jantung pada Wanita 

Selain itu, antisipasi juga beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan penyakit arteri koroner pada wanita. Beberapa di antaranya adalah kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, kebiasaan merokok, diabetes, dan obesitas. Selain itu, faktor-faktor lain yang juga memainkan peran yang lebih besar dalam perkembangan penyakit jantung pada wanita.

  1. Stres dan depresi mental yang berisiko besar membuat seorang wanita kesulitan untuk mempertahankan gaya hidup sehat hingga risiko penyakit jantung meningkat.
  2. Kurangnya aktivitas fisik. Itu sebabnya penting bagi para wanita untuk menjadwalkan rutinitas berolahraga setiap harinya.
  3. Kadar estrogen yang rendah setelah menopause menimbulkan risiko signifikan pada gangguan pembuluh darah yang lebih kecil.
  4. Komplikasi kehamilan, seperti tekanan darah tinggi atau diabetes selama kehamilan dapat meningkatkan risiko jangka panjang terkena penyakit jantung.

 

Waspada! Ini Dia Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita dan Cara Mengatasinya
source: https://www.drweil.com/


Untuk itu, pencegahan penyakit jantung pada wanita harus dilakukan dengan terus menjalani gaya hidup sehat dan rutin berolahraga.