Bahaya Sedotan Plastik

Tidak hanya berbahaya bagi keseimbangan lingkungan, penggunaan sedotan plastik ternyata juga berdampak serius pada kondisi kesehatan seseorang. Berikut ini adalah beberapa dampak kesehatan dari penggunaan sedotan plastik yang perlu kamu antisipasi:
 

Waspada Bahaya Sedotan Plastik! Ini Pengganti Sedotan Plastik yang Bisa Kamu Pilih
source: https://www.pgeveryday.com/


1. Gigi Berlubang

Minum dengan sedotan plastik ternyata dapat berdampak pada gigi berlubang. Tidak hanya karena kebanyakan minuman manis dan asam diminum dengan sedotan, gerakan minum dengan menghirup juga dapat menyebabkan gigi menjadi berlubang. Di satu sisi, sedotan membantu menciptakan garis batas antara minuman manis dan gigi. Seiring waktu, kebiasaan ini dapat mengikis enamel hingga akhirnya menyebabkan kerusakan gigi.

2. Risiko Bahan Kimia

Jika kamu selalu takut dengan paparan bahan kimia pada tubuh, sudah seharusnya kamu mengantisipasi penggunaan bahan kimia dalam sedotan plastik yang biasa digunakan. Sebagian besar sedotan plastik terbuat dari polypropylene, yaitu sejenis plastik yang berasal dari minyak bumi. Kandungan ini sangat mungkin berisiko masuk ke dalam minuman yang kamu konsumsi. Apalagi jika kamu meminum minuman hangat dengan sedotan plastik.

3. Perut Bergas

Minum dengan sedotan juga berisiko menyebabkan gangguan pencernaan. Minum dengan sedotan menyebabkan munculnya gelembung udara di saluran pencernaan. Inilah yang nantinya mengakibatkan perut mengalami kembung atau bergas. Bisa dibayangkan jika kamu meminum minuman bersoda dengan sedotan? Tentu perutmu akan sangat kembung setelahnya.
 


Pengganti Sedotan Plastik

Untuk mengantisipasi bahaya-bahaya penggunaan sedotan plastik pada kesehatan dan lingkungan,  memang sangat direkomendasikan untuk kamu tidak menggunakan sedotan saat minum. Tidak ada salahnya bukan jika harus minum langsung dari gelas tanpa harus menghirup dengan sedotan? Namun, jika memang sangat terpaksa dan dibutuhkan, seperti misalnya pada orang yang sakit, cobalah untuk menggunakan beberapa alternatif pengganti sedotan plastik berikut ini:
 

Waspada Bahaya Sedotan Plastik! Ini Pengganti Sedotan Plastik yang Bisa Kamu Pilih
source: https://www.cb2.com/


1. Glass Straw
Pertama, kamu bisa menggunakan sedotan dengan bahan dasar kaca. Sedotan ini dapat menjadi alternatif untuk sedotan yang ramah lingkungan dan tidak berbahan kimia. Namun, pastikan untuk tidak memberikannya pada anak-anak karena cukup berisiko jika tergigit atau jatuh.

baca juga


 

Waspada Bahaya Sedotan Plastik! Ini Pengganti Sedotan Plastik yang Bisa Kamu Pilih
source: https://www.surlatable.com/


2. Stainless Steel Straw 
Kedua, sedotan dari bahan stainless steel ini juga banyak dipilih sebagai alternatif sedotan ramah lingkungan yang bisa digunakan berulang-ulang. Sedotan ini dikatakan lebih tahan lama. 
 


 

Waspada Bahaya Sedotan Plastik! Ini Pengganti Sedotan Plastik yang Bisa Kamu Pilih
source: https://zerowastestore.com/


3. Bamboo Straw
Terakhir, sedotan yang juga bisa menjadi pilihan pengganti sedotan plastik. Terbuat dari bahan organik, sedotan yang satu ini dikatakan sangat aman untuk digunakan minum. Tidak hanya itu, alternatif yang satu ini juga cukup awet, lho!