Pernikahan Cucu Presiden ke-2 RI, Soeharto ini sempat curi perhatian dan jadi sorotan publik lantaran konsep hingga mewahnya resepsi pernikahan yang digelar. Pernikahan kedua Danny Rukmana setelah lama bercerai dari Lulu Tobing mengusung adat Bugis-Makassar serta adat Jawa-Sunda. Seperti apa konsep pernikahan mereka? Intip cantiknya pengantin wanita, Raiyah Chitra Caesaria juga yuk!

Mengintip Konsep Pernikahan Adat Bugis Cucu Soeharto dan Raiyah Chitra Caesaria

Upacara Adat Mappacci Jelang Pernikahan


Upacara Adat Mappacci Jelang Pernikahan

Pada Jumat (14/2/2020) malam sebelum akad nikah, Danny dan Raiyah menggelar acara adat Mappacci yang dihadiri keluarga besar kedua calon pengantin. Mappacci merupakan bagian dari ritual pernikahan adat Makasar, di mana calon pengantin perempuan diberkati dengan doa restu dari keluarga terdekatnya.

Saat Mappacci, Raiyah mengenakan pakaian adat baju Bodo merah muda bertabur benang emas lengkap dengan aksesoris khas Bugis. Sentuhan makeup di wajah Raiyah semakin membuat penampilannya anggun dan sempurna.

baca juga

Akad Nikah


Akad Nikah
source: https://www.insertlive.com/

Saat akad nikah, keduanya mengenakan pakaian adat Bugis-Makassar berwarna merah dengan sentuhan emas di aksesorisnya. Raiyah mengenakan riasan khas Bugis bertabur emas di rambutnya. Sementara riasan di wajahnya dibuat menonjol dengan sentuhan makeup bold di bagian bibir dan mata.

Mas Kawin


Mas Kawin
source: https://www.insertlive.com/

Sebagai mas kawin, Danny Rukmana memberikan emas sebesar 20,2 gram dan uang tunai sebesar 88 Riyal kepada Raiyah Chitra Caesaria.  

“Saya serahkan mas kawin ini untuk istri saya tercinta, tersayang," ucap Danny selesai ijab kabul.

"Saya terima mas kawinnya dari suami saya tercinta tersayang, insya Allah akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," jawab Raiyah.

baca juga

Konsep Pernikahan


Konsep Pernikahan
source: https://hot.detik.com/

Berlangsung megah di Hotel Mulia, Jakarta, pernikahan Danny Rukmana dan Raiyah Chitra Caesaria mengusung konsep Garden Party. Seperti dilansir dari HotDetik, Para tamu langsung disambut dengan gerbang berhiaskan bunga-bunga dan foto-foto pengantin. Terdapat pula ornamen-ornamen angsa yang menghias tempat acara. Bahkan di meja akad saat acara akad nikah, terlihat ornamen angsa putih besar di antara empat pilar warna emas.

Resepsi Pernikahan


Resepsi Pernikahan
source: https://www.insertlive.com/

Nuansa mewah dan megah juga terlihat saat resepsi pernikahan. Berbeda dengan akad nikah, Danny dan Raiyah mengenakan pakaian adat Jawa-Sunda berwarna hitam dengan sentuhan benang emas. Keduanya diarak menuju pelaminan dengan tarian-tarian dari sejumlah penari. Perpaduan adat Jawa-Sunda ini dipilih karena Tutut Soeharto berasal dari Jawa Tengah dan Indra Rukmana berdarah Sunda.