1. Berlebihan dalam Menyikat Noda

Saat pakaian bernoda dengan noda pulpen, lipstik, bedak, atau lumpur, tentu kamu akan berpikir untuk menyikatnya terlebih dahulu sebelum akhirnya pakaian itu masuk ke dalam mesin cuci seperti biasa. Namun, menggosok pakaian untuk menghapus noda dengan berlebihan dapat merusak pakaian itu sendiri. Jika salah menggunakan teknik penggosokan noda, kamu dapat mendapatkan noda lebih menyebar atau bahkan melunturkan warna asli dari pakaian itu sendiri. Sebagai gantinya, cobalah untuk menyikat pakaian dengan lembut dan rendam beberapa saat untuk mengangkat noda.
 

Duh! 5 Kesalahan Ini Paling Sering Dilakukan Saat Mencuci Baju
source: https://www.realsimple.com/


2. Membiarkan Pakaian Berkancing Terkancing saat Dicuci

Tahukah kamu jika pakaian berkancing sebaiknya dibiarkan terbuka saat akan dicuci? Meninggalkan kancing baju dalam posisi terkancing di mesin cuci dapat berisiko melonggarkan benang di sekitar lubang kancing. Tidak jarang ini akan membuat kancing putus. Jadi, pastikan untuk meluangkan waktu untuk membuka kancing baju sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci.
 

Duh! 5 Kesalahan Ini Paling Sering Dilakukan Saat Mencuci Baju
source: https://www.celine.com/
baca juga


3. Membiarkan Resleting Terbuka

Gigi ritsleting terbuat dari logam yang diketahui dapat merobek bahan dan pakain lain dengan bahan lembut dan rentan. Untuk mencegah hal ini, jangan lupa untuk menutup resleting sebelum dicuci di dalam mesin cuci. Cara ini akan membuat pakaian lain lebih aman dan tidak berisiko robek atau rusak. 
 

Duh! 5 Kesalahan Ini Paling Sering Dilakukan Saat Mencuci Baju
source: https://www.thriftyfun.com/


4. Kesalahan dalam Menyortir Pakaian

Mungkin kamu sudah terbiasa dengan rutinitas memisahkan pakaian berwarna dan pakaian putih saat mencuci. Namun, tidak hanya itu, memilah pencucian berdasarkan jenis bahan juga penting untuk dipikirkan. Pisahkan pakaian yang lebih berat (seperti jeans) dari pakaian yang lebih ringan (seperti blus tipis) untuk menghindari kerusakan.
 

Duh! 5 Kesalahan Ini Paling Sering Dilakukan Saat Mencuci Baju
source: https://www.rd.com/
baca juga


5. Terlalu Banyak Menggunakan Deterjen

Banyak orang berasumsi bahwa menambahkan deterjen ekstra ke dalam cucian akan membuat pakaian lebih bersih. Pada kenyataannya, deterjen berlebih dapat menyebabkan busa tambahan yang malah berisiko menahan lebih banyak kotoran dan bakteri. Inilah yang menjadi penyebab mengapa beberapa area pakaian seperti kerah dan lengan menjadi menguning. Solusinya, gunakan sedikit deterjen dan tambahkan perlahan jika pakaian masih belum bersih.