Banyak mengonsumsi Buah-Buahan

Image Source: https://www.freepik.com/

Buah adalah makanan yang baik dikonsumsi saat sedang haid. Mengonsumsi buah saat sedang haid dapat membantu melancarkan aliran darah. Kamu bisa mengonsumsi buah seperti plum, berries, pepaya dan semangka. Buah yang kaya akan kandungan vitamin juga baik untuk menghindari gejala-gejala yang membuat kamu tidak nyaman saat haid, seperti kram.

Sayuran Berdaun Hijau

Image Source: https://www.freepik.com/

Kandungan zat besi yang terdapat pada sayuran hijau sangat diperlukan untuk tubuh selama periode haid. Kamu bisa mengonsumsi sayuran seperti bayam-bayaman. Mengonsumsi buat saat sedang haid juga dapat mencegah risiko anemia.

Sayuran hijau mengandung vitamin K yang tinggi. Makanan ini yang akan membantu mengentalkan dan mencegah kekurangan darah. Namun, tetap perlu berhati-hati agar tidak mengonsumsi sayuran hijau secara berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi sayuran justru dapat menimbulkan efek kembung. 

baca juga

Air Mineral

Image Source: https://www.freepik.com/

Air mineral juga baik dikonsumsi saat haid. Wanita yang sedang haid akan lebih sering mengalami dehidrasi dan kehilangan cairan banyak dalam tubuh. Air mineral akan membantu mengembalikan cairan yang hilang. Minumlah 5 liter air mineral per hari selama masa haid berlangsung. 

Makanan yang Mengandung Zat Besi

Image Source: https://www.freepik.com/

Pada saat haid, darah yang keluar ternyata bisa memicu risiko anemia, lho. Ini akan membuat kondisi tubuhmu menjadi lemas karena kekurangan darah dari dalam tubuh. Cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Kamu bisa mengonsumsi makanan zat besi seperti daging, susu, ikan, atau sereal gandum.

baca juga

Makanan yang Kaya Akan Rempah-Rempah Tradisional

Image Source: https://www.freepik.com/

Indonesia kaya akan rempah-rempah tradisional seperti kunyit dan jahe yang baik dikonsumsi saat nyeri haid. Kamu bisa mengolah sendiri kunyit menjadi ramuan jamu. Caranya dengan menghaluskan kunyit yang sudah dicuci bersih. Kemudian campurkan campurkan sedikit air, peras dan minum secara rutin. Rutin mengonsumsi air kunyit dapat meredakan nyeri saat haid.

Selain kunyit, kamu juga bisa meminum jahe. Sifat antiradang dalam jahe ampuh untuk redakan sakit perut pada saat atau sebelum haid. Caranya adalah dengan merebus jahe bersama teh atau menambahkan jahe dalam makanan. Konsumsi secukupnya untuk dapatkan khasiatnya.