Apa itu Food Coma?

Apa itu Food Coma?

Food coma merupakan sebuah kebiasaan dimana kamu merasa lemas dan mengantuk setelah makan. Meskipun kebiasaan ini normal, tetap saja hal ini bisa mengganggu aktivitas kamu khususnya di siang hari, Ladies. Food coma disebabkan oleh porsi makan yang besar dan nutrisi yang tidak seimbang dalam makanan.

Food coma terjadi karena terdapat indeks glikemik yang tinggi pada makanan yang kaya karbohidrat. Tingginya indeks glikemik inilah yang mendorong meningkatnya hormon insulin yang diketahui mampu meningkatkan penyerapan dan penggunaan glukosa dari aliran darah setelah makan.

Aktivitas ini dapat menyebabkan masuknya asam amino yang disebut dengan tryptophan ke dalam otak. Tryptophan ini kemudian dikonversi menjadi serotonin yang kerap dihubungkan dengan rasa kantuk. Inilah kenapa setelah selesai makan, tubuh akan merasa lemas dan mengantuk, Ladies.
 

Bagaimana Cara Mengatasi Food Coma?

Bagaimana Cara Mengatasi Food Coma?

Meskipun normal, kebiasaan mengantuk setelah makan tentu saja dapat mengganggu pekerjaan kamu, Ladies. Tapi, kamu tidak perlu khawatir, kebiasaan food coma ini bisa diatasi dengan beberapa cara di bawah ini:
 

baca juga

1. Jangan Lupa untuk Sarapan

1. Jangan Lupa untuk Sarapan

Beberapa orang kerap melewatkan makan pagi karena takut telat ke kantor, kuliah, atau sekolah. Padahal, jika tidak sarapan dapat mendorong seseorang untuk makan dalam porsi yang banyak di siang hari. Hal inilah yang menjadi pemicu utama terjadinya food coma.
Agar terhindar dari food coma, jangan lupa untuk sarapan sebelum memulai aktivitas di pagi hari ya, Ladies.
 

2. Minum Air Putih Sebelum Makan

2. Minum Air Putih Sebelum Makan

Ladies, dengan meminum segelas air putih pada 30 menit sebelum makan dapat membantu tubuh membersihkan kelebihan glukosa dalam urine. Hal ini bisa kamu jadikan solusi agar terhindar dari food coma.
 

baca juga

3. Konsumsi Teh Hijau

3. Konsumsi Teh Hijau

Selain dapat membantu membakar lemak, manfaat lain dari teh hijau ialah dapat membantu memengaruhi aktivitas enzim pada pencernaan yang dapat memecah protein di dalam perut. Selain itu, dengan mengonsumsi teh hijau juga bisa mencegah rasa lapar dan membuat kamu makan dalam porsi yang sedikit.
 

4. Minum Kopi

4. Minum Kopi

Rasa lelah muncul akibat tubuh kurang fokus pada sistem saraf simpatik yang berfungsi untuk memacu kerja organ tubuh. Nah, hal ini bisa kamu atasi dengan mengonsumsi kopi, Ladies. Sebab, kopi dapat meningkatkan sistem saraf simpatik pada tubuh, sehingga setelah makan kamu tidak akan merasa lelah dan mengantuk lagi.
 

5. Hindari Jus Buah Setelah Makan Siang

5. Hindari Jus Buah Setelah Makan Siang

Meskipun memiliki manfaat baik untuk kesehatan, faktanya kandungan serat dan nutrisi pada jus buah sangat rendah. Jika mengonsumsi jus buah setelah makan siang, hal ini akan membuat kamu lemas dan kemudian mengantuk, Ladies.