Memang penuaan dini merupakan proses penuaan kulit alami yang tentunya akan dialami oleh setiap orang. Namun, tak sedikit orang yang takut dan khawatir akan keadaan kulitnya yang semakin menua, khususnya para wanita. Mereka akan melakukan berbagai perawatan kulit mulai dari produk-produk over the counter, produk dari dokter hingga pergi ke klinik kecantikan.

Hal itu mereka lakukan untuk menjaga agar kulit mereka tetap halus dan terhindar dari keriput. Penuaan kulit secara alami sendiri tak dapat kita hindarkan, tetapi dengan melakukan perawatan kulit setidaknya para wanita dapat menjalani proses penuaan tanpa khawatir. Tetapi meskipun sudah melakukan berbagai perawatan kulit yang canggih sekalipun, proses penuaan yang lebih dikhawatirkan wanita adalah penuaan kulit prematur atau penuaan dini.
 
Faktor internal dan eksternal lah yang biasa menjadi penyebab terjadinya perubahan pada kulit, salah satunya penuaan kulit prematur. Faktor internal penyebab penuaan kulit biasanya dikarenakan jejak genetik, dimana secara genetika normal tanda-tanda penuaan itu akan terjadi pada usia 40 tahun ke atas. Selain jejak genetik, stress juga bisa menjadi penyebab dari terjadinya penuaan kulit prematur. Sedangkan untuk faktor eksternalnya, penuaan kulit prematur biasa disebabkan karena seringnya terkena paparan sinar ultraviolet (UV), radikal bebas dan polusi.
 

Mewaspadai Penuaan Dini pada Kulit, Ini Triknya!

Terdapat sebuah fakta kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV dan radikal bebas telah menyumbangkan 90% tanda-tanda awal penuaan. Pada tahun 2012 ada sebuah studi dermatologi yang menghasilkan sebuah perkiraaan bahwa radiasi UV saja, dapat berkontribusi hingga 80% dari penuaan kulit dan merupakan faktor yang sangat berperan menjadi penyebab penuaan dan kanker kulit.

“Selain faktor internal dan eksternal penyebab penuaan kulit premature/ dini, kolagen merupakan senyawa protein dalam tubuh yang penting dalam mendukung proses regenerasi kulit dan menjaga kulit agar kenyal dan bebas tanda penuaan seperti kerutan halus. Seiring dengan bertambahnya usia kita, produksi kolagen dalam tubuh juga ikut menurun sehingga asupan makanan yang bergizi sangat penting untuk memastikan agar jumlah kolagen yang dibutuhkan tubuh tetap terjaga. Selain itu, pemilihan skincare dan treatment yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit sangat penting untuk merawat kondisi kulit sehari-hari,” jelas dr. Norita Sembada, Head of Business Development ERHA.

Jika kamu ingin melakukan perawatan untuk menghindari penuaan dini, kamu dapat melakukan perawatan kulit di klinik dermatologi. Tapi ingat, pilihlah klinik perawatan kulit yang memiliki teknologi memadai, memahami kondisi kulit pasien serta memberikan treatment yang tepat.
 

Mewaspadai Penuaan Dini pada Kulit, Ini Triknya!

Salah satu klinik kecantikan yang bisa kamu datangi adalah ERHA. Di sana kamu dapat berkonsultasi langsung dengan dermatolog yang memahami jenis dan kondisi kulit yang sedang kamu alami. Salah satunya mengenai penuaan dini, untuk mengatasi masalah penuaan kulit ERHA ini menyediakan terapi ERHA Laser Photorejuvenation.


ERHA Clinic sendiri menggunakan teknologi laser NdYag 1064 nm yang dapat memicu perbaikan struktur kulit melalui produksi kolagen baru (collagen remodeling), yang membuat kulit lebih kenyal dan warna kulit lebih rata. Terapi ini juga dapat memperbaiki tektur kulit yang kasar, mengatasi garis-garis halus, mengurangi kerutan pada kulit, serta tanda-tanda penuaan kulit lainnya.
 
ERHA Laser Photorejuvenation ini dapat dilakukan di cabang ERHA DERMACENTER, ERHA CLINIC dan ERHA APOTHECARY. Dengan waktu pengerjaan kurang lebih 1 jam tanpa down time (waktu tunggu pemulihan) karena bersifat non-ablatif (tanpa perlukaan) sehingga minimal efek samping.