Niacinamide yang juga populer dengan sebutan nicotinamide merupakan salah satu bentuk vitamin B-3, yaitu salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Kekurangan B-3 dapat menyebabkan gangguan pada kulit, ginjal, dan otak. Itu sebabnya, mendapatkan asupan tambahan niacinamide dapat membantu mencegah kekurangan B-3. Niacinamide juga diketahui dapat membantu mengobati masalah kulit tertentu, termasuk jerawat dan eksim. Untuk lebih lengkapnya simak ulasan tentang manfaat niacinamide dalam skincare berikut ini.


 


Niacinamide VS Niacin

Banyak orang kesulitan dalam membedakan niacinamide dan niacin. Keduanya memang memiliki kemiripan dari segi nama. Namun, keduanya merupakan dua jenis vitamin B-3 yang berbeda. Walaupun begitu, tiap orang sebenarnya dapat memproduksi niacinamide dari suplemen niacin yang dikonsumsi.

Perubahan niacin menjadi niacinamide terjadi ketika ada jumlah niacin yang berlebihan di dalam tubuh. Selain itu, triptofan dalam tubuh juga dapat diubah menjadi niacinamide. Tapi ingat, pastikan untuk melakukan konsultasi pada dokter sebelum mengonsumsi vitamin atau suplemen B-3 tambahan.
 

Wah! Ternyata Ini Khasiat Niacinamide dalam Skincare
source: https://www.abeautyedit.com/


 

baca juga


Manfaat Niacinamide

Secara keseluruhan, niacinamide dapat membantu memproduksi protein di kulit dan mengunci kelembapan sehingga mencegah kerusakan kulit lebih lanjut. Namun, sebenarnya niacinamide mempunyai lebih banyak manfaat di antaranya:

  1. Meningkatkan kekebalan. Niacinamide membantu membentuk keratin, sejenis protein yang menjaga kulit tetap kencang dan sehat.
  2. Penghalang lemak. Niacinamide dapat membantu kulitmu menumbuhkan penghambat ceramide (lipid), yang juga dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit.
  3. Meminimalkan kemerahan dan noda hitam. Niacinamide juga dapat berperan sebagai anti inflamasi sehingga membantu meringankan kemerahan akibat eksim, jerawat, dan kondisi peradangan kulit lainnya.
  4. Meminimalkan tampilan pori-pori. Menjaga kulit tetap halus dan lembap dan menyamarkan pori-pori.
  5. Mengatur kadar minyak. Niacinimide juga dapat membantu mengatur jumlah minyak yang diproduksi kelenjar sebaceous.
  6. Melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari. Niacinamide secara bersamaan dapat memproduksi kembali sel-sel kulit yang sehat sambil melindungi mereka dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.
  7. Mengobati hiperpigmentasi. Beberapa penelitian telah menemukan konsentrasi niacinamide 5 persen dapat membantu meringankan bintik hitam.
  8. Meminimalkan garis-garis halus dan kerutan. Penelitian juga menemukan bahwa konsentrasi yang sama dapat membantu dalam mengurangi tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan.
  9. Mengobati jerawat. Niacinamide dapat membantu untuk mengatasi masalah jerawat parah, terutama bentuk peradangan seperti papula dan pustula. 
Wah! Ternyata Ini Khasiat Niacinamide dalam Skincare
source: https://www.bustle.com/


 


Sumber Alami Niacinamide

Tidak hanya dari produk skincare, niacinamide juga dapat diperoleh dari beberapa jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Nah, vitamin B-3 itu sendiri dapat diperoleh dalam beberapa makanan seperti:

  • telur
  • sereal
  • sayuran hijau
  • kacang polong
  • ikan
  • susu

 

Wah! Ternyata Ini Khasiat Niacinamide dalam Skincare
source: https://www.allure.com/


Meskipun begitu, tidak ada cara tertentu yang dapat menjamin bahwa nutrisi dalam diet seseorang dapat memengaruhi kesehatan kulit secara keseluruhan. Satu-satunya cara untuk memastikan niacinamide dapat menjawab masalah perawatan kulit adalah dengan menggunakannya secara topikal dengan skincare.