Pemakaian dalaman kerudung atau ciput untuk hijabers memiliki beberapa manfaat, seperti mencegah rambut terlihat serta menjaga posisi hijab tetap rapi. Sayangnya, tak jarang wanita berhijab yang memilih tidak mengenakan ciput karena menimbulkan rasa pusing dan sakit selama pemakaian.

Bagi kamu yang senasib, tips berikut ini akan membantu kamu menemukan ciput anti pusing yang tepat. Simak, yuk!

Bahan Ciput: Spandek


Bahan Ciput: Spandek
source: https://wolipop.detik.com/hijab-update/d-4860182/5-tips-pilih-ciput-anti-pusing-buat-hijabers-pemula

Bahan spandek kaos sangat cocok dipilih sebagai bahan ciput anti pusing karena karakteristiknya yang adem, stretch, tipis dan tidak ketat. Ciput berbahan spandek akan menyesuaikan bentuk kepalamu tanpa memberi tekanan yang membuat pusing. Bahan ini bisa dibilang agak licin sehingga biasanya digunakan untuk model ciput ninja yang menutup hingga ke leher agar tidak mudah bergeser.
 

baca juga

Jenis Ciput Rajut


Jenis Ciput Rajut
source: https://www.instagram.com/leikahijab/

Ciput yang direkomendasikan berikutnya adalah jenis ciput rajut. Ciput ini sempat hits beberapa tahun lalu dan hingga kini masih banyak diminati. Hal ini disebabkan karena kenyamanan ciput rajut yang bersifat stretch, ringan dan juga tampilannya yang cantik. Saat ini sudah tersedia berbagai model ciput berbahan rajut, namun bahan ini memang kurang cocok digunakan untuk model ciput ninja.

Bahan Ciput: Rayon


Bahan Ciput: Rayon
source: https://www.instagram.com/ceritahijab_id/

Selanjutnya, ciput anti pusing juga bisa didapatkan dari bahan rayon. Dibanding spandek kaos, bahan ini lebih tebal dan tidak terlalu stretch atau melar. Namun bahan ini memiliki daya serap yang lebih tinggi dan lembut di kulit. Tekstur inilah yang akan membuat kamu nyaman mengenakan ciput rayon.

baca juga

Ciput dengan Lubang untuk Telinga


Ciput dengan Lubang untuk Telinga
source: https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2020/01/15/e59fe2da-d523-4d1e-82e2-8311bc643575_43.jpeg?w=480

Desain ciput terus mengalami perkembangan untuk memberikan kenyamanan bagi para wanita berhijab. Salah satu model terbaru yang cukup menjadi tren adalah ciput yang tidak menutupi telinga, disebut ciput anti "budeg" atau anbud.

Pemakai ciput memang cukup sering mengeluhkan bagian telinga yang tertekan dan membuat tidak nyaman. Umumnya ciput ini berbahan rajut dan menutupi sebagian pipi dan dagu untuk memberi kesan tirus.

Ciput dengan Ukuran yang Pas


Ciput dengan Ukuran yang Pas
source: https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2020/01/15/275d32f9-413e-4588-af1c-8d0da6ba2c7d_34.jpeg?w=375

Tips terakhir untuk memilih ciput anti pusing adalah pemilihan ukuran yang pas. Apapun bahannya, ketika ukuran ciput terlalu kecil, akan memberikan tekanan di kepala. Sebaliknya jika terlalu besar, akan menjadi tidak kencang dan justru membuat hijab tidak rapi. Jadi pastikan mencari ciput dengan ukuran yang pas sesuai dengan ukuran kepalamu.