Siapa sih, yang enggak hobi belanja online? Beragam toko dari beragam tempat bertebaran dan saling bersaing menawarkan harga terjangkau. Alasan ini pula yang menjadi pilihan beberapa orang yang membeli barang dari luar negeri, salah satunya dari Cina.

Beberapa waktu belakangan merebak virus Corona yang bermula dari kota Wuhan, Cina dan telah sampai ke beberapa negara. Kekhawatiran itu merambah ke paket belanja dari Cina, apakah virus Corona bisa menyebar lewat benda mati?

Virus Tidak Bertahan Lama di Luar Tubuh Manusia


Virus Tidak Bertahan Lama di Luar Tubuh Manusia
source: https://www.hrzone.com/

Dilansir dari Wolipop.detik.com, secara umum, virus dapat bertahan di luar tubuh manusia paling lama 24 jam dalam suhu normal. Virus bisa berkembang jika berada dalam kondisi bersuhu rendah, minim sinar matahari, dan lembap. Virus tidak memiliki dinding sel yang bisa membuatnya bisa bertahan lama di benda mati.

Menurut BBC Health Michelle Roberts, belum ada kasus ditemukan virus bisa menyebar lewat benda mati, kecuali benda tersebut terkena bersin atau cairan tubuh penderita lalu tidak lama benda tersebut digunakan oleh orang sehat. Jika hal tersebut terjadi, virus bisa dengan mudah berpindah, ditambah jika imunitas tubuh sedang tidak kuat.

baca juga

Lakukan Ini sebagai Langkah Pencegahan Penyebaran Virus


Lakukan Ini sebagai Langkah Pencegahan Penyebaran Virus
source: https://www.quickanddirtytips.com/

Jika sudah terlanjur membeli barang saat wabah virus Corona mencuat, segera buang bungkusan paket dan bersihkan barangnya. Apabila membeli barang seperti baju, syal, atau apapun yang terbuat dari kain bisa mencucinya langsung dengan air panas untuk membersihkan dari bakteri dan virus. Lalu jemur di bawah sinar matahari. Virus tidak bisa tahan dengan suhu pemanasan sempurna.

Untuk barang lainnya seperti make up, case HP, dan barang berbahan solid bisa membersihkan dengan alkohol dan melap seluruh permukaannya. Simpan di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak lembap.

Jaga Kesehatan Diri Juga Perlu


Jaga Kesehatan Diri Juga Perlu
source: https://www.cheatsheet.com/

Selain memastikan barang-barang pribadi sudah bersih, jangan lupa untuk menjaga kesehatan diri. Biasakan untuk istirahat cukup, makan makanan bergizi, dan rajin berolahraga. Pakai selalu masker di saat beraktifitas di luar ruangan. Selain menjaga kesehatan fisik, seimbangkan juga dengan kesehatan mental.

Kendalikan stress, emosi, dan pikiran di dalam diri yang bisa memicu fisik merasakan sakit juga. Dengan berita mengenai virus Corona yang banyak diliput media, pastikan mendapatkan info dari sumber yang erpacaya dan selalu mengecek kebenaran berita sebelum menyebarkannya.