Rutin Mencatat Keuangan Tiap Bulan

Rutin Mencatat Keuangan Tiap Bulan

Pada saat masih single pun kamu harus sudah membiasakan diri untuk rutin mencatat setiap pemasukkan dan pengeluaran yang kamu gunakan setiap bulannnya. Dengan rutin mencatat setiap bulannya kamu dan pasanganmu jadi tahu dimana pengeluaran paling besar setiap bulan, misalnya untuk kebutuhan pangan, sandang, hiburan atau karena tagihan rutin bulanan. Nah, jangan lupa mencatat keuangan bulanan ya, kamu dan pasangan pun bisa mencatat di jurnal atau smartphone supaya kamu bisa me-review pengeluaran setiap bulannya.
 

Dahulukan Kebutuhan Daripada Keinginan

Dahulukan Kebutuhan Daripada Keinginan

Kamu dan pasanganpun pasti mengidamkan untuk berpelesir ke berbagai benua di dunia, hal tersebut wajar kok bagi setiap pasangan, jika kamu memilki impian untuk mewujudkannya ya sah-sah saja. Namun, terkadang hal tersebut berada diluar ekspektasimu, alangkah baiknya jika kamu mengutamakan hal-hal yang memang menjadi kebutuhan dan prioritasmu terlebih dahulu. Jangan sampai kamu lebih mengutamakan tampil eksis untuk diakui banyak orang dibandingkan membayar cicilanmu.
 

baca juga

Terbuka Soal Keuangan Terhadap Pasangan

Terbuka Soal Keuangan Terhadap Pasangan

Salah satu kunci untuk menciptakan hubungan keuangan yang harmonis adalah terbuka soal keuangan atau penghasilan yang didapatkan bersama pasangan. Kamu dan pasangan enggak perlu gengsi dan ragu untuk mendiskusikan keuangan yang didapatkan, baik itu gajimu atau gaji suamimu begitu sebaliknya. Intinya perlu adanya komunikasi supaya keuangan kalian tetap terkontrol, jika ada yang nggak disukai antara satu dan lain, bisa kalian bicarakan dan nggak perlu ada yang ditutup-tutupi.
 

Kelola Tabungan Dana Darurat

Kelola Tabungan Dana Darurat

Biaya hidup untuk kamu dan pasangan pastinya harus tetap stabil dan bisa terpenuhi, maka dari itu kamu nggak boleh hanya mengandalkan satu dana saja, kamu juga bisa membagi pemasukkanmu ke dana darurat. Ya, istri mu kelak pasti akan melahirkan, kamu akan memiliki anak, dan salah satu diantara kalian  ada yang sakit kalian bisa menggunakan tabungan dana darurat sebagai alternatif.
 

baca juga

Menabung untuk Hari Tua

Menabung untuk Hari Tua

Sebagai pasangan kalian juga harus memikirkan lebih jauh untuk persiapan hari tua. Nggak ada salahnya dong, mulai dari sekarang kalian merencanakan untuk menabung dana hari tua misalnya tabungan untuk pensiun kelak.

Kamu dan pasangan bisa mengelola setidaknya 10 hingga 15% gaji yang didapatkan untuk tabungan hari tua. Nggak kebayang kan, kalau di kumpulkan dari sekarang sudah berapa nominalnya, jadi enggak nungguin gaji pensiun kantor saja, mulai dari sekarang kamu dan pasangan yang baru menikah sudah boleh kok untuk menyisihkan tabungan hari tua mu.