1. Sering menyentuh wajah

1. Sering menyentuh wajah
source: http://shuttershock.com

Tangan memegang peranan penting dalam keseharian. Dalam satu hari, banyak sekali benda yang disentuh, seperti smartphone, komputer, gagang pintu, buku dan lainnya.

Kebayang enggak sebanyak apa bakteri yang ada di jari tangan? Jika sering menyentuh wajah dengan jari, maka bakteri yang ada di jari bisa berpindah ke wajah dan dapat menyumbat pori-pori.

Jadi mulai sekarang pastikan untuk kurangi menyentuh wajah ya, Ladies. Kalaupun kamu punya kebiasaan menyentuh wajah, cucilah tanganmu sebelum melakukannya.

2. Memencet pori-pori dan jerawat

2. Memencet pori-pori dan jerawat
source: http://hellosehat.com

Nah, ini adalah salah satu kebiasaan yang sepertinya gemar dilakukan sebagian orang. Meski memencet jerawat mungkin memberikan kepuasan tersendiri, kebiasaan itu sebenarnya dapat merusak tekstur kulit dan menyumbat pori-pori lho, Ladies. 

Kebiasaan menyentuh wajah saja dapat menyumbah pori, apalagi kebiasaan memencet jerawat. Tahu enggak, saat memencet jerawat, kulit wajah akan membentuk garis halus, inflamasi serta iritasi, lho. Jadi, hentikan kebiasaan buruk yang satu ini, ya!

baca juga

3. Memakai makeup terlalu tebal

3. Memakai makeup terlalu tebal
source: http://vivaglam.com

Ingin tampil flawless tentu saja baik, yang enggak baik itu memakai produk makeup terlalu banyak atau tebal. Saat ini sudah begitu banyak produk makeup yang tersedia dan semakin banyak pula lapisan makeup yang dipakai.

Mungkin Ladies berpikir hal ini enggak masalah karena setelahnya Ladies akan menghapus dan membersihkan makeup. Namun jika memakai makeup tebal sudah jadi kebiasaan, maka pori-pori wajah enggak punya waktu untuk beristirahat dan akhirnya malah tersumbat. Mulailah memakai makeup minimalis untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat, Ladies.

4. Lupa membersihkan riasan sebelum tidur

4. Lupa membersihkan riasan sebelum tidur
source: http://goodhousekeeping.com

Lupa membersihkan riasan sebelum pergi tidur dapat membuat makeup, minyak dan polusi tinggal di wajah sepanjang malam. Enggak hanya membuat kulit mudah berjerawat dan mengalami penuaan, pori-pori wajah bisa tersumbat. Pastikan untuk selalu menghapus makeup dan membersihkan wajah sebelum tidur, Ladies. 
 

baca juga

5. Tidak melakukan eksfoliasi

5. Tidak melakukan eksfoliasi
source: http://hysses.com

Eksfoliasi sangatlah penting bagi kulit wajah. Karena melakukan eksfoliasi kulit dapat membantu beregenerasi. Eksfoliasi juga berguna untuk mempersiapkan kulit menerima skincare sehingga kandungan dalam skincare dapat bekerja secara maksimal.