Ladies tentu sudah familiar dengan Jeruk mandarin. Buah yang berasal dari semak cemara asli Aslia ini termasuk dalam keluarga Rutacae yang diperkirakan tumbuh dari hutan Cina.

Jeruk mandari sangat baik untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan vitamin dan gizi yang bisa menyehatkan tubuh. Kandungan gizinya di antaranya adalah flavonoid, pectin, niasin, besi, fosfor, kalium, kalsium, protein dan vitamin.

Sedangkan kandungan vitamin dalam buah jeruk mandarin adalah vitamin C, vitamin B, vitamin A, folat, asam sitrat dan sukrosa. Semua kandungan ini sangat dibutuhkan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Simak beberapa manfaat lainnya dari jeruk mandarin di bawah ini, yuk!

Mencegah Kanker

Image Source: https://www.freepik.com/

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa jeruk mandarin sangat baik untuk mencegah kanker, terutama kanker hati. Kandungan karotenoid dan vitamin A yang tinggi dalam buah ini mampu mengurangi risiko kanker hati.

Sudah terbukti, pasien hepatitis C yang mengonsumsi jeruk mandarin mampu mencegah perkembangan sel kanker karena kandungan beta cryptoxanthin yang tinggi. Kadar limonene dalam jeruk mandarin juga memiliki efek anti kanker yang bisa membantu mencegah penyakit kanker payudara

baca juga

Menurunkan Kolesterol

Image Source: https://www.freepik.com/

Jeruk mandarin menghasilkan synephrine yang bisa membantu mencegah produksi kolesterol dalam tubuh. Antioksidan dalam buah jeruk mandarin bisa menurunkan kolesterol dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Mengonsumsi jeruk mandarin dapat mencegah radikal bebas yang bisa mengoksidasi kolesterol dan menyehatkan tubuh. Adanya kandungan serat larut dan tidak larut seperti hemiselulosa dan pektin bisa menyerap kolesterol dalam usus. 

Menjaga Tekanan Darah

Image Source: https://www.freepik.com/
Di dalam jeruk mandarin terdapat nutrisi dan mineral seperti potasium yang baik untuk regulasi tensi. Mengkonsumsi jeruk mandarin dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Jeruk mandarin akan menjaga aliran darah tetap bergerak lancar melalui arteri dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.
baca juga

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Image Source: https://www.freepik.com/

Diperkaya vitamin C, jeruk mandarin berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Ladies. Sifat anti mikrobanya bisa mencegah luka dari septis, infeksi virus, jamur dan bakteri.

Mengonsumsi jeruk mandarin juga dapat mencegah flu dan mencegah kejang pada sistem saraf pencernaan yang bisa menyebabkan kram dan muntah. Buah ini juga berfungsi sebagai pembersih darah alami dan sekaligus mengeluarkan toksin serta zat negatif dari dalam tubuh.

Memberi Asupan Vitamin C

Image Source: https://www.freepik.com/
Mengonsumsi vitamin C bisa menjaga kesehatan tubuh. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jeruk mandarin mengandung kaya akan vitamin C yang baik untuk kesehatan. Jeruk mandarin juga dapat membantu melawan radikal bebas. Kandungan antioksidannya juga dapat mengatasi dan mencegah penyebab kerusakan sel dalam tubuh.

Mencerahkan Kulit

Image Source: https://www.freepik.com/

Tak hanya baik bagi kesehatan, jeruk mandarin juga memberikan manfaat untuk kecantikan. Kandungan vitamin C dan E dalam jeruk mandarin bisa menjadi asupan yang bisa membuat kulit sehat dan bebas noda.

Serat yang terdapat dalam jeruk mandari juga dapat membantu mengeluarkan racun berbahaya dalam tubuh dan memberikan rona sehat dan alami kulit. Kulit pun tampak lebih cerah dan bercahaya

Mencegah Penuaan

Image Source: https://www.freepik.com/
Jeruk mandarin sejak dulu sudah dipercaya mempunyai kemampuan dalam melawan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus, Ladies. Buah ini dapat dikonsumsi secara mentah atau diolah menjadi minuman jus yang nikmat dan lezat.