1. Tetapkan Tujuan Menabung

1. Tetapkan Tujuan Menabung

Sebelum memulai menabung, alangkah lebih baiknya kamu memiliki tujuan jelas yang diimpikan, Ladies. Karena dengan adanya tujuan yang jelas, kamu akan lebih bersungguh-sungguh dan terarah dalam menabung lho. Selain itu, proses menabung pun akan jauh lebih efektif karena adanya motivasi yang membuatmu tetap semangat dalam menabung.
 

2. Menabung di Awal Gajian

2. Menabung di Awal Gajian

Ketika saatnya gajian, sebaiknya kamu memisahkan dulu uang yang akan ditabung dengan uang untuk kebutuhan lainnya, Ladies. Sebelum itu, kamu juga harus menentukan berapa persen uang yang akan ditabung. Karena jika salah perhitungan, hal itu malah akan menjadi penghambat bagimu dalam menabung lho.

Menabung di awal gajian memang akan membawa manfaat besar bagimu. Karena hal ini akan menghindarkan kamu dari keinginan-keinginan yang tak penting dalam menggunakan uang lho Ladies.
 

baca juga

3. Siapkan Minimal Dua Rekening

3. Siapkan Minimal Dua Rekening

Agar proses menabungmu berjalan lancar, sebaiknya kamu menyiapkan minimal dua rekening yang berbeda. Rekening pertama untuk keperluan bulananmu dan rekening kedua untuk tabungan. 

Nah, salah satu tips agar kamu tidak tergoda untuk menarik uang dari rekening tabunganmu, maka jangan buat ATM, mobile banking atau semacamnya untuk rekening khusus tabungan ya Ladies. Selain itu, pilihlah rekening yang tidak ada potongan administrasi untuk tabunganmu.
 

4. Buat Anggaran

4. Buat Anggaran

Setelah kamu menyisihkan uang untuk tabungan, jangan lupa untuk mencatat semua kebutuhan yang diperlukan perbulan selama satu tahun. Nah, dalam membuat anggaran ini kamu juga harus memprioritaskan kebutuhan terlebih dahulu sebelum keinginan ya Ladies. Karena seringkali saat di pusat perbelanjaan seseorang akan membeli sesuatu karena tergoda dengan apa yang dilihat, bukan karena kebutuhan.
 

baca juga

5. Catat Semua Uang yang Masuk dan Keluar

5. Catat Semua Uang yang Masuk dan Keluar

Meski terlihat begitu sederhana, namun jangan anggap remeh lho Ladies. Karena mencatat keuangan pribadi ini akan sangat membantumu dalam mengetahui untuk saja apa uang keluar dan dari mana saja masuknya. Kamu bisa mencatat keuangan pribadimu ini di buku catatan khusus maupun di handphone.
 

6. Memulai Investasi Kecil-kecilan

6. Memulai Investasi Kecil-kecilan

Meskipun gajimu tidak terlalu banyak dan pas-pasan, kamu tetap bisa berinvestasi lho Ladies. ​​​​​​Kamu bisa mencoba berinvestasi secara kecil-kecilan dengan modal yang tidak begitu besar seperti emas, reksa dana dan sejenisnya.