Dalam kehidupan sehari-hari, sering gak sih bingung dengan banyaknya sumber informasi yang masuk? Si A bilang begitu, sedangkan si B bilang begini. Kadang bingung siapa dan informasi mana yang benar dan salah.
Apalagi soal ininih, perkara minum air es/dingin dan air hangat. Mana yang lebih sehat dan dianjurkan untuk diminum?

Ada yang tetap minum air hangat meski dicuaca panas karena takut minum air dingin. Bahkan tetap minum air dingin, meski sedang cuaca musim hujan karena gak mau minum air hangat. Kalau soal itu, kamu tinggal baca disini. Mari kita lihat secara medis, lebih baik konsumsi air hangat atau air dingin ya?
 

Manfaat Minum Air Hangat

Manfaat Minum Air Hangat
Membuang Toksin dari Tubuh

Meminum air hangat bisa membantumu membuang toksin atau racun. Sehingga kamu bisa mengeluarkannya lewat keringat atau urin.
Air hangat memiliki kemampuan detoksifikasi yang baik, karena air hangat tidak memerlukan energy asimilasi yang terlalu banyak.
Kamu bisa teteskan perasan lemon dalam air hangat sehingga kinerjanya akan lebih efektif dan membantu membuang racun dan merangsang pencernaanmu juga.

 

Menghambat Penuaan
Penuaan bisa dihambat lho oleh air hangat. Penasaran bagaimana caranya?
Karena racun yang dibuang tadi, akan menyehatkan tubuh. Hal itu akan membuat sel – sel kulitmu jadi lebih baik, dan kulitmu lebih kencang.


Meredakan Hidung Tersumbat
Saat hidungmu tersumbat, coba deh jangan langsung minum obat.
Hirup uap air hangat sebentar lalu minum deh.
Ulangi selama beberapa menit. Kamu akan mulai merasakan perbedaannya.
Kerongkongan dan lambungmu akan merasa lebih nyaman. Hidung tersumbat pun hilang!
Karena air hangat bisa jadi ekspektoran alami dan membantu mengencerkan dahak dari saluran pernapasan.


Melancarkan Peredaran Darah

Sederet manfaat minum air hangat bukan hanya itu aja girls. Selain punya fungsi detoks, air hangat ternyata bisa membantumu melancarkan aliran darahmu.
Terutama nih, yang suka darah tinggi, anemia bahkan tekanan darahnya rendah. Kamu bisa minum air hangat secara rutin, karena akan membantu menghilangkan timbunan lemak. Sistem sarafmu akan lebih bersih dari timbunan lemak setelah minum air hangat. Sangat membantu bukan?


 

baca juga

Selain Air hangat, kamu juga harus lihat manfaat dari mengkonsumsi Air dingin di bawah ini,
 

Manfaat Mengonsumsi Air Dingin/Es

Manfaat Mengonsumsi Air Dingin/Es
Menurunkan Berat Badan

Buat yang lagi ada keinginan menurunkan berat badan bisa kamu coba. Dalam takaran tertentu kamu bisa menuruntkan berat badanmu dengan konsumsi Air Es.
Kok bisa ya?
Alasannya adalah, karena Air Es akan membantu meningkatkan metabolism tubuhmu. Kamu pun akan membakar kalori lebih cepat dan praktis. Tapi tentu saja perlu diingat, jangan sampai kamu berlebihan dalam mengkonsumsinya. Hanya diperbolehkan dalam batas tertentu saja.


Menurunkan Demam

Selain dikonsumsi langsung, Air Es juga bisa menurunkan demam. Caranya tentu saja dengan kompresan air es didahi atau tubuhmu. Bahkan saat panas sudah naik diluar batas tertentu atau lebih dari 40 derajat, maka air es bisa membantumu menghidrasi tubuh yang tengah berjuang melawan faktor penyebab demam.
​​​​​​​

baca juga

 

  1. Melawan Heart Stroke

Saat cuaca sedang sangat panas, meminum air es akan lebih cepat diserap. Hal itu menurut Dr.Neha Sanwalka, seorang ahli gizi dan diet yang mengatakan bahwa mengkonsumsi air es lebih cepat diserap dibanding air hangat. Ketika diserang cuaca panas atau alami heart stroke, kamu bisa meminum air es.
 

Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

 Banyak ahli yang lebih menyarankan mengkonsumsi air hangat. Karena dapat meningkatkan sirkulasi darah sekaligus menjauhkan organ internal dari kerusakan. Selain itu, meminum air es atau dingin dapat menyebabkan kontraksi otot. Tetapi, jika hari tengah panas dan perlu menurunkan demam, maka kamu bisa konsumsi air es/dingin. Tetapi, jangan terlalu berlebihan ya.